Sumpah Pemuda Kedua “Gaung Muda Indonesia” akan Digelar di Solo

Editor Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, bersama Ketua Bersama Y20 Indonesia 2022 Michael Victor Sianipar,memberikan penjelasan "Gaung Muda Indonesia". /visi.news/tok suwarto
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SOLO – Kalangan pemuda yang pada Juli 2022 lalu mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Youth 20 (Y20) di Jakarta dan Bandung, akan menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022 dengan tema “Gaung Muda Indonesia” di Kota Solo.

Peringatan itu sebagai kelanjutan kegiatan kepemudaan, untuk mendiseminasikan dokumen rekomendasi kebijakan (communigue) yang diadopsi delegasi Y20 Indonesia.

Michael Victor Sianipar, Ketua Bersama Y20 Indonesia 2022, menyatakan kepada wartawan di Balai Kota Solo, Kamis (20/10/2022), kegiatan “Gaung Muda Indonesia” pada puncak Hari Sumpah Pemuda, 28-29 Oktober 2022 di Kota Solo, akan dijadikan momentum “sumpah pemuda kedua”.
“Sumpah Pemuda pertama 28 Oktober 1928 merupakan ikrar pemuda Indonesia yang menegaskan satu Tanah Air, satu bangsa dan satu bahasa Indonesia. Sedangkan sumpah pemuda kedua, sebagai pernyataan pemuda Indonesia telah berhasil menunjukkan keberadaannya kepada dunia dalam menggelar KTT Y20,” katanya.

Menurut Michael, kegiatan “Gaung Muda Indonesia” juga untuk menunjukkan perjuangan pemuda Indonesia yang tidak hanya sampai menghasilkan dokumen rekomendasi kebijakan. Tetapi pemuda Indonesia ingin memastikan, dokumen tersebut dapat diimplementasikan dengan baik oleh para pemimpin G20.
Ketua Bersama Y20 Indonesia 2022 itu, menyatakan, Y20 Indonesia akan terus berupaya melibatkan pemuda dalam pembangunan nasional.

Dia menyebutkan, dokumen communigue yang merupakan hasil negosiasi delegasi Y20 Indonesia, berfokus empat isu prioritas, yaitu planet berkelanjutan dan layak huni, ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, serta keberagaman dan Inklusi.
“Kegiatan Sumpah Pemuda ini merupakan salah satu upaya untuk melibatkan pemuda Indonesia dalam mengimplementasikan rekomendasi kebijakan Y20. Melalui kegiatan ini kita mendorong para pemuda sebagai pemimpin masa depan, untuk meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan global, untuk bertukar ide, berargumen, bernegosiasi, hingga mencapai konsensus,” tandasnya.

Baca Juga :  Rakerda PD DMI Kab. Bandung, Siapkan Banyak Program

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menanggapi kegiatan itu, menyatakan dukungan terhadap pelaksanaan gelaran “Gaung Muda Indonesia.”.
“Pemerintah kota Solo akan mendukung dan menyediakan kebutuhan untuk terlaksananya acara Gaung Muda Indonesia dengan baik. Kami senang bisa menjadi tuan rumah kegiatan pertemuan nasional pemuda yang akan berkontribusi dalam pembangunan Indonesia,” tutur Gibran.

Dalam kegiatan pemuda yang melibatkan 200 orang terpilih, akan hadir sejumlah tokoh muda, seperti Sandiaga Uno, Bima Arya Sugiarto, Shinta Kamdani, Jovial Da Lopez, Andhyta Firselly Utami, Nadya Saib, Ricky Silaen, dan Tania Soerianto. Sedangkan di antara tokoh yang akan menjadi pembicara, antara lain Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.@tok

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KHUTBAH JUMAT | Meneladani Para Sahabat Rasulullah Saw

Jum Okt 21 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS – ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪَ ﻟﻠﻪِ ﻧَﺤْﻤَﺪُﻩُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻌِﻴْﻨُﻪُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻐْﻔِﺮُﻩُ ﻭَﻧَﻌُﻮْﺫُ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﻣِﻦْ ﺷُﺮُﻭْﺭِ ﺃَﻧْﻔُﺴِﻨَﺎ ﻭَﺳَﻴِّﺌَﺎﺕِ ﺃَﻋْﻤَﺎﻟِﻨَﺎ ﻣَﻦْ ﻳَﻬْﺪِﻩِ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓَﻼَ ﻣُﻀِﻞَّ ﻟَﻪُ ﻭَﻣَﻦْ ﻳُﻀْﻠِﻞْ ﻓَﻼَ ﻫَﺎﺩِﻱَ ﻟَﻪُ ﻭَﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻭَﺣْﺪَﻩُ ﻻَ ﺷَﺮِﻳْﻚَ ﻟَﻪُ ﻭَﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻣُﺤَﻤَّﺪﺍً ﻋَﺒْﺪُﻩُ ﻭَﺭَﺳُﻮْﻟُﻪُ . ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍْ ﺍﺗَّﻘُﻮﺍْ ﺍﻟﻠّﻪَ ﺣَﻖَّ […]