TAFAKUR: Alquran Jelaskan Tentang Makhluk Luar Angkasa

Editor :
Luar angkasa./nasa/unsplash/via okezone.com.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Hingga kini banyak yang bertanya, apakah ada alien atau makhluk luar angkasa ? Ilmuwan pun terus mencari dan mempelajari di luar angkasa, mengamati bulan hingga planet -planet di luar tata surya.

Walaupun belum benar- benar ditemukan kehidupan di luar angkasa, manusia bisa menyimak penjelasan yang diungkap melalui kitab suci Alquran .

Berdasarkan ‘Buku Tafsir Ilmi , Eksistensi Kehidupan di Alam Semesta ‘ yang disusun Balai Litbang dan Diklat Kementerian Agama ( 2015 ) , diungkapkan bahwa kata ‘ man’ dalam Surah Ar- Ra’d Ayat 15 merupakan kata ganti untuk makhluk berakal .

“Hanya kepada Allah – lah sujud ( patuh ) segala apa yang di langit dan di Bumi , baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa (dan sujud pula) bayang- bayangnya di waktu pagi dan petang hari . ” ( QS Ar – Ra’d: 15)

Melihat Alquran dan tafsirnya, disebutkan bahwa yang dimaksud dengan ‘man’ dalam ayat tersebut adalah malaikat , jin , dan manusia . Ketiganya merupakan makhluk yang diwakili oleh kata ‘man’.

Sedangkan pada ‘ Buku Tafsir Ilmi , Penciptaan Jagat Raya dalam Perspektif Alquran dan Sains ‘ mengungkap isyarat adanya kehidupan di luar Planet Bumi . Dalam salah satu ayat Alquran , Allah Subhanahu wa ta’ ala berfirman yang artinya :

“Di antara (ayat-ayat) tanda – tanda -Nya ialah menciptakan langit dan Bumi dan makhluk -makhluk yang melata yang Dia sebarkan pada keduanya. Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya.” ( QS Asy-Syura: 29)

Ayat ini menjelaskan bahwa sebagian dari tanda -tanda kekuasaan Allah Subhanahu wa ta’ala adalah penciptaan langit dan Bumi serta makhluk hidup yang tersebar di antara keduanya. Pernyataan ini secara jelas menegaskan bahwa ada makhluk di luar Bumi , yaitu yang terdapat di antara langit dan Bumi.

Sementara para ilmuwan terus berburu alien . Search for Extra-Terrestrial Intelligence (SETI) bekerja mencari sinyal radio dari peradaban di tempat lain pada galaksi . Kini mereka sedang mengambil langkah baru dan uniknya melibatkan laser.

SETI ingin membangun serangkaian observatorium kamera khusus untuk terus – menerus memindai seluruh langit untuk mencari kilatan laser yang bisa menjadi tanda kehidupan lain. @fen/okz

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

TAUSIAH: Zakat, Infak, dan Sedekah di Masa Pandemi

Jum Nov 20 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Pada masa-masa sulit saat sekarang ini, kita sebagai muslim dituntut untuk mewujudkan perintah Allah untuk saling menolong dan meningkatkan rasa solidaritas sosial kepada sesama. Kebijakan pemerintah memutus penyebaran Covid-19 masyarakat diminta untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah saja, membuat banyak orang kehilangan pekerjaannya, banyak orang menjadi […]