TAFAKUR: Kurma Bisa Bunuh Sel Kanker Terungkap dalam Al Quran dan Sains

Editor Ilustrasi buah kurma./foto: freepik)./via okezone.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Selain enak rasanya, buah kurma ternyata bisa membunuh sel kanker. Khasiat buah asal Jazirah Arab ini antara lain melindungi tubuh dari racun, mengandung zat antikanker, memiliki kadar gula yang tinggi, serta sebagai sumber protein.

Berdasarkan keterangan ahli kesehatan, kurma memiliki komposisi 70 persen zat gula, 20 persen protein, dan 3 persen lemak. Kurma mengandung zat besi dan mengandung vitamin B serta C.

Sebuah penelitian di Mesir mengungkap bahwa penyakit kanker tidak menyebar ke daerah-daerah yang penduduknya mengonsumsi kurma. Hal ini karena kurma memiliki zat-zat yang mematikan sel kanker.

Mayoritas penduduk jazirah Arab atau yang tinggal di wilayah sahara atau oasis menjadikan kurma sebagai makanan pokok. Kurma adalah jenis makanan yang kaya akan glukosa sehingga dapat menggantikan zat-zat gula yang kering setelah seharian berpuasa.

Di samping manfaat yang dimiliki, kurma ternyata memiliki keistimewaan tersendiri karena disebutkan di dalam kitab suci Al Quran.

“Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum, dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: ‘Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini’,” (Surat Maryam Ayat 25–26).

Dikutip dari buku ‘Alquran vs Sains Modern Menurut Dr Zakir Naik’ karya Ramadhani dkk, dijelaskan bahwa dalam sebuah hadis sahih Bukhari, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Siapa saja yang pada pagi hari memakan tujuh buah kurma aliyah, tidak akan terkena racun atau sihir pada hari itu.”

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam sendiri memiliki kebiasaan memakan kurma masak. Kurma masak ini memiliki nilai gizi tinggi, bisa memperkuat lever, merelaksasi usus, menambah kesuburan, dan bisa menyembuhkan radang tenggorokan. Wallahu a’lam bishawab. @fen/sumber: okezone.com

Baca Juga :  KH Ulil Abshar Abdalla: Sejak Awal NU Mendukung Penuh Palestina Merdeka

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pembatasan Aktivitas di Lingkungan UNS Diperpanjang Seminggu

Sab Jun 26 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Pembatasan aktivitas sivitas akademika Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo di kampus Kentingan yang semula diberlakukan pimpinan UNS sampai Jumat (25/6/2021), menyusul meninggalnya 3 orang dosen dan seorang tenaga non-kependidikan (tendik), diputuskan diperpanjang dari 26 Juni 2021 sampai 2 Juli 2021. Perpanjangan waktu penutupan selama sepekan tersebut, berdasarkan […]