TAFAKUR: Tubuh Manusia Miliki Sistem Pendingin Dijelaskan dalam Al Quran dan Sains

Editor :
Ilustrasi tubuh manusia./twitter reuters nvestigates/via okezone.com/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – AL Quran dan sains mengungkap banyak hal dari tubuh manusia. Salah satunya adalah tubuh manusia terdapat sistem pendingin serta pengatur suhu.

Ini disebut sebagai sistem paling rumit dan detail di organ tubuh manusia. Hal itu merupakan salah satu bukti kebesaran Allah Subhanahu wa Taala.

Dijelaskan dalam buku ‘Sains Dalam Alquran’ karya Nadiah Thayyarah, di dalam tubuh manusia ada 3 sampai 4 juta kelenjar keringat yang menyebar di seluruh kulit secara akurat.

Di telapak tangan saja misalnya, pada setiap 1 sentimeter persegi terdapat 480 kelenjar keringat. Jika kelenjar keringat itu disambungkan satu sama lain, maka panjangnya akan mencapai 5 kilometer dalam tubuh manusia.

Di hari yang amat panas, kelenjar keringat tersebut bakal mengeluarkan sekresi lebih dari 200 cm kubik setiap harinya, bahkan sampai 1.500 cm kubik setiap satu jam.

Jika keringat keluar dan menyebar ke seluruh permukaan kulit yang luasnya pada tubuh manusia lebih dari 1,80 meter persegi, maka cairan yang dikeluarkan oleh sel keringat ini akan menguap.

Dengan menguap, maka akan terjadi pergantian suhu. Saat keringat menguap, maka akan menyerap panas tubuh dan mengembalikannya ke suhu semula yang konstan. Ini adalah sistem pengatur suhu paling kompleks di alam semesta.

Ketika seseorang kedinginan, maka pembuluh darahnya akan menyempit untuk meringankan aliran darah di permukaan kulit bagian luar. Hal itu untuk menjaga agar suhu darah tetap stabil.

Jika tubuh merasakan panas, maka pembuluh arteri dan venanya akan melebar sehingga darah mengalir ke area terluar kulit. Adapun jika merasa kedinginan, maka warna kulit akan berubah menjadi kuning.

Hal itu karena penampang pembuluh vena dan arterinya menyempit demi menjaga suhu darah yang ada di dalamnya agar tetap stabil.

Baca Juga :  Di Masa Pandemi, Pelaku Usaha Hadapi Kesulitan Dalam Pemasaran

Ini merupakan tanda-tanda kekuasaan dan kebesaran Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagaimana firman Allah Azza wa jalla dalam kitab suci Alquran Surah Az Zariyat Ayat 21:

“Dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?” (QS Az Zariyat: 21). Wallahu a’lam bishawab. @fen/sumber: okezone.com

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Muhammadiyah: Dana Kurban Bisa Dialihkan ke Warga tidak Mampu Terdampak Covid

Sab Jul 3 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Menyambut Iduladha 1442 Hijriah, Muhammadiyah berpandangan ahwa dana untuk pengadaan hewan kurban dialihkan untuk membantu warga tidak mampu yang terdampak covid. Apalagi, kondisi saat ini banyak masyarakat yang terpapar covid. Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Syamsul Anwar menilai, kondisi ini sangat berat dirasakan mereka yang […]