Tahu Yun-Yi, Kuliner Khas Bandung yang Bertahan Sejak 1940

Editor Tahu Yun-Yi, yang sudah berdiri sejak 80 tahun lalu. /visi.news/diskominfo
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Kota Bandung tidak hanya terkenal dengan keindahan alam dan budayanya, tetapi juga dengan berbagai kuliner khas yang menggugah selera. Salah satu kuliner yang sudah menjadi ikon Kota Kembang adalah Tahu Yun-Yi, yang sudah berdiri sejak 80 tahun lalu.

Tahu Yun-Yi adalah sebuah toko tahu yang didirikan oleh Liauw Hon Tjan, seorang imigran asal Tiongkok, pada tahun 1940. Toko ini merupakan warisan turun temurun dari keluarga Liauw, yang terus melestarikan resep dan kualitas tahu yang mereka produksi.

Tahu Yun-Yi menawarkan lima jenis produk tahu yang berbeda, yaitu Tahu Prima, Tahu Hans, Tahu Sutra, Sari Kedelai, dan Kulit Tahu. Masing-masing produk memiliki ciri khas tersendiri, baik dari segi tekstur, rasa, maupun cara pengolahan.

Tahu Prima adalah produk andalan dari Tahu Yun-Yi, yang sudah ada sejak toko ini pertama kali beroperasi. Tahu Prima adalah tahu bungkus yang berisi dua jenis tahu, yaitu tahu kuning dan tahu putih. Tahu ini memiliki tekstur yang padat dan rasa yang gurih, cocok untuk dijadikan camilan atau lauk.

Tahu Hans adalah tahu potong yang berukuran kecil, yang tersedia dalam dua varian, yaitu tahu putih dan tahu kuning. Tahu ini memiliki tekstur yang halus, namun tetap kenyal. Tahu Hans bisa dimakan langsung atau digoreng, sesuai dengan selera.

Tahu Sutra adalah tahu yang memiliki tekstur yang lembut dan lembek, seperti sutra. Tahu ini cocok untuk dijadikan olahan makanan rebus atau goreng, seperti tahu bacem, tahu isi, atau tahu goreng tepung.

Sari Kedelai adalah produk minuman yang terbuat dari kacang kedelai pilihan, yang diproses dengan cara tradisional. Sari Kedelai memiliki rasa yang manis dan segar, serta kaya akan protein dan nutrisi. Sari Kedelai bisa diminum hangat atau dingin, sesuai dengan cuaca dan mood.

Baca Juga :  LALIGA SPANYOL | Hasil, Klasemen, dan Jadwal, Atletico Madrid Terusir dari 5 Besar

Kulit Tahu merupakan produk sampingan dari proses pembuatan tahu, yang berupa lapisan tipis yang terbentuk di permukaan air kedelai. Kulit Tahu memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang netral, sehingga bisa diolah menjadi berbagai macam masakan, seperti sup, capcay, atau dimsum.

Hendri, pengelola Tahu Yun-Yi, mengatakan bahwa produk-produk tahu mereka memiliki rasa yang berbeda dari tahu-tahu lainnya. “Wajib coba produk Tahu Yun-Yi, karena kami punya produk tahu dengan rasa yang berbeda. Teksturnya padat dan tidak asam selama dikonsumsi selama batas waktu yang tertera,” ujarnya.

Tahu Yun-Yi telah melegenda dan dikenal luas oleh masyarakat Bandung dan sekitarnya. Toko ini bahkan telah membuka cabang di beberapa kota lain di Jawa Barat, seperti Bogor, Cirebon, dan Sukabumi. Namun, toko utama Tahu Yun-Yi tetap berlokasi di Jalan Jendral Sudirman Nomor 229, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Cibadak.

Bagi anda yang ingin mencicipi kuliner khas Bandung yang satu ini, anda bisa langsung datang ke toko Tahu Yun-Yi, atau memesannya melalui aplikasi online. Jangan lupa untuk membawa pulang produk-produk tahu mereka sebagai oleh-oleh, karena pasti akan disukai oleh keluarga dan teman-teman anda.

@uli

 

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Salurkan Paket Bantuan, Kang Haji Ace Bicara Perlunya Grand Desain Penanganan Banjir di Bandung Selatan

Sen Jan 15 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | DAYEUHKOLOT  – Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat II (Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat) DR. H. TB. Ace Hasan Syadzily meninjau lokasi banjir di Desa Dayeukolot, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, akhir pekan kemarin. Selain turun ke lokasi banjir dengan menggunakan […]