Tahun 2024, Stop Overthinking Jalani Hidup Lebih Happy

Editor Ilustrasi. /mommiesdaily.com
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Tahun 2024 menjadi tahun yang penuh tantangan dan tekanan bagi banyak orang. Pandemi Covid-19, krisis ekonomi, perubahan iklim, dan berbagai masalah lainnya membuat banyak orang merasa cemas, stres, dan khawatir. Akibatnya, banyak orang yang mengalami overthinking, yaitu berpikir berlebihan tentang sesuatu yang tidak perlu atau tidak berguna.

Overthinking dapat merusak kesehatan mental dan fisik, serta mengurangi kualitas hidup. Overthinking membuat orang sulit untuk menikmati hal-hal sederhana, membuat keputusan, dan menghadapi masalah. Overthinking juga dapat menyebabkan depresi, insomnia, gangguan kecemasan, dan penyakit lainnya.

Untuk mengatasi overthinking, Nick Trenton, seorang penulis buku pengembangan diri, menulis buku berjudul “Stop Overthinking: Lebih Happy Jalani Hidup dengan Tidak Berpikir Berlebihan”. Buku ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2022 dan telah menjadi best seller di Indonesia.

Dalam buku ini, Nick Trenton menjelaskan tentang apa itu overthinking, apa penyebab dan dampaknya, serta bagaimana cara mengatasinya. Buku ini berisi berbagai metode dan teknik yang praktis dan mudah diterapkan untuk menghentikan overthinking dan menjalani hidup dengan lebih bahagia.

Salah satu metode yang diajarkan oleh Nick Trenton adalah mindfulness, yaitu kesadaran penuh terhadap apa yang terjadi di sekitar dan di dalam diri kita. Dengan mindfulness, kita dapat mengamati pikiran, perasaan, dan sensasi kita tanpa menghakimi atau mengevaluasinya. Dengan demikian, kita dapat mengurangi pikiran negatif dan meningkatkan pikiran positif.

Selain mindfulness, Nick Trenton juga menyarankan untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan, seperti berolahraga, bermeditasi, bermain musik, atau membaca buku. Aktivitas-aktivitas ini dapat membantu kita untuk melepaskan stres, meningkatkan mood, dan meningkatkan kesehatan otak.

Baca Juga :  NU Minta Pemkot Surabaya Tidak Izinkan Buka Karaoke, Spa, dan Panti Pijat

Nick Trenton juga mengingatkan kita untuk bersyukur atas apa yang kita miliki dan tidak membandingkan diri kita dengan orang lain. Dengan bersyukur, kita dapat merasa lebih puas, bahagia, dan damai. Dengan tidak membandingkan diri kita dengan orang lain, kita dapat menghindari rasa iri, minder, dan tidak percaya diri.

Buku “Stop Overthinking: Lebih Happy Jalani Hidup dengan Tidak Berpikir Berlebihan” merupakan buku yang bermanfaat dan inspiratif bagi siapa saja yang ingin mengatasi overthinking dan menjalani hidup dengan lebih happy. Buku ini dapat dijadikan sebagai panduan dan motivasi untuk mengubah pola pikir dan perilaku kita menjadi lebih positif dan produktif.

“Jangan biarkan pikiran Anda mengendalikan Anda, tapi kendalikanlah pikiran Anda. Jangan biarkan pikiran Anda menjadi musuh Anda, tapi jadikanlah pikiran Anda sebagai teman Anda. Jangan biarkan pikiran Anda membuat Anda menderita, tapi jadikanlah pikiran Anda sebagai sumber kebahagiaan Anda.” – Nick Trenton

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

TPST Gedebage akan Segera Dimaksimalkan

Jum Jan 5 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus mengupayakan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Gedebage lebih optimal dalam menangani sampah. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna saat meninjau TPST Gedebage, Kamis (4/1/2024). Ia menyampaikan, saat ini TPST Gedebage baru bisa mengolah sekitar 15 ton sampah […]