Tampak Sepi, Salat Iduladha di Masjid Raya Bandung Terapkan Protokol Kesehatan

Editor :
Masjid Raya Bandung./ilustrasi/net/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Di tengah pandemi Covid-19, Masjid Raya Alun-alun Bandung menggelar salat Iduladha 1441 H berjemaah, Jumat (31/7). Salat berjemaah tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Melansir Ayobandung.com, salat dimulai pada sekitar pukul 06.15 WIB diimami oleh KH Aang Zaenal Arifin.

Berdasarkan pantauan, suasana masjid yang sekaligus merupakan ikon Kota Bandung tersebut tampak lebih sepi dibandingkan dengan momen salat Id tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya, jumlah jemaah yang hadir pun dibatasi. Area salat di dalam masjid diberi penanda dengan menggunakan lakban hitam masing-masing berjarak sekitar 1,5 meter.

Tak seperti biasanya, jemaah yang salat di area luar masjid, yakni di halaman rumput Alun-alun Bandung pun tak lebih dari 3 saf ke belakang dengan posisi saling berjauhan. Hal tersebut dilakukan demi mencegah penyebaran Covid-19.

Humas DKM Masjid Raya Bandung KH Iqbal Mujahir mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan sebelum salat Id hari ini digelar. Di antaranya dengan pemasangan tanda jaga jarak dan penyemprotan desinfektan di seluruh ruangan masjid.

“Kami juga menyiapkan petugas cek suhu badan jemaah yang akan melaksanakan Salat Id dan menyiapkan petugas pengatur saf salat agar tidak berkerumun,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya telah mengatur alur pintu masuk dan keluar masjid agar lebih terpantau. Para jemaah juga diimbau agar tidak bersalaman atau bersentuhan dengan jemaah lainnya.

Sementara untuk penyembelihan hewan kurban, pihak DKM Masjid Raya Bandung menerima 6 titipan sapi. Keenam sapi tersebut adalah milik Presiden RI Joko Widodo, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi, Wali Kota Bandung Oded M Danial, bjb, dan PT Telkom.

Pemotongan hewan akan dilakukan di rumah potong hewan (RPH) Kota Bandung, sesuai anjuran Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan (Dispangtan) Bandung.

Baca Juga :  Empat Fraksi DPRD Kab. Bandung Nyatakan Sikap Tuntut Dibentuknya Pansus Covid 19

Ada dua RPH yang dijadikan tempat pemotongan keenam sapi tersebut, yakni RPH Cirangrang Kopo dan RPH Cijaura. @fen 

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Skenario Penangkapan Djoko Tjandra Dirancang 20 Juli, Cuma 4 Orang yang Tahu!

Jum Jul 31 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Menko Polhukam Mahfud MD angkat bicara terkait penangkapan buron kasus hak tagih (cessie) Djoko Tjandra. Mahfud mengatakan tidak kaget dengan peristiwa ini karena dirinya sudah tahu terkait skenario penangkapannya. Mahfud menyebut skenario penangkapan ini sudah disusun sejak 20 Juli. Selain Mahfud, pihak yang tahu skenario ini yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi), […]