Tanaman Hias Dibarter Mobil: 4 Alasan Jadi Tanaman Sultan

Editor :
Pesona tanaman hias belum pudar. Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan tanaman hias dibarter dengan mobil Toyota Avanza./ istockphoto/shark_749/via cnn indonesia.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pesona tanaman hias belum pudar. Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan tanaman hias dibarter dengan mobil Toyota Avanza. Dari sebuah unggahan di Instagram, kemungkinan kedua tanaman hias yang dibarter adalah jenis Philodendron variegata dan Caladium.

Dari unggahan, banyak netizen yang terkejut dengan keputusan sang pemilik mobil. Tak jarang, ada pula yang menganggap ini hanyalah kebutuhan konten. Terkait benar atau tidaknya video tersebut, namun saat ini harga tanaman hias memang tengah melonjak.

Harus diakui, sebagian jenis tanaman hias mencapai popularitas berkat pandemi. Popularitas ini berimbas pada harga yang berlipat.

Sebelumnya ada tanaman hias
Aglonema, Monstera adansonii variegated alias ‘janda bolong’ yang tembus Rp 85juta. Bahkan ada ‘janda bolong’ yang dibanderol hingga harga ratusan juta.

Greg Hambali, Bapak Aglonema Indonesia bahkan pernah menjual aglonema seharga Rp 660 juta untuk satu pohonnya di sebuah pelelangan tahun 2006.

“Pertama, harus cantik dulu dan kemudian tahan banting,” ungkap Greg Hambali, bapak aglonema Indonesia seperti dilansir
CNNIndonesia.com yang menghubunginya .

“Makin banyak orang yang mau, semakin tinggi pula harganya. Jadi harga yang menentukan pohon itu jatuh ke tangan siapa yang berani beli, kemudian tidak susah dikembangbiakkan,” ujar Greg.

Selain gara-gara pandemi, melansir dari laman Backyard Boss ada beberapa alasan tanaman hias harganya selangit.

– Kelangkaan, pegiat atau kolektor tanaman hias bisa dipastikan ingin memiliki tanaman yang terbilang langka. Kasus ini bisa Anda temui pada tanaman Monstera obliqua.

– Pembiakan, tanaman hias secara khusus dikawinkan untuk memperoleh keunggulan tertentu. Pembiakan atau persilangan ini menjadi kunci hasil anakan yang berbeda.

“Apalagi kalau pertama kali muncul, (kalau) tipe itu pertama kali sehingga banyak orang mau. Akhirnya diperebutkan orang banyak dan jadi harga yang menentukan itu jatuh ke siapa, yang berani beli.”

– Variegasi, tanaman yang menyandang nama ‘variegated’ mengalami mutasi genetik sehingga kekurangan klorofil. Kondisi ‘cacat’ ini justru menjadikan tanaman istimewa. Semburat putih atau kuning pucat tampak indah, kontras dengan warna daun yang sejatinya hijau.

Variegasi akan berbeda pada tiap tanaman. Mengutip dari The Absurd World, ada variegasi yang berbentuk ‘marble’ atau warna putih yang tercampur acak dengan warna hijau. Kemudian ada pula yang setengah daun berwarna putih atau kuning pucat dan disebut ‘half moon’.

– Kecantikan, salah satu alasan orang ingin memiliki tanaman hias adalah kecantikannya.
Selain itu, bentuk yang unik serta tak biasa juga menjadi salah satu alasan harga tanaman hias jadi mahal sehingga bisa tanaman hias dibarter dengan mobil. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Penuhi Panggilan Bareskrim Polri

Jum Nov 20 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memenuhi panggilan penyidik Polri untuk diperiksa di Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (20/11/2020), terkait kasus pelanggaran protokol kesehatan dalam acara tablig akbar Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Ia akan diperiksa di Bareskrim Polri dalam tahap […]