TAUSIAH: Ingin Dicintai Allah? Sabar dan Tawakallah! (1)

Editor Ilustrasi Kitab Suci Alquran./dok./net.
Silahkan bagikan

VISI-NEWS.COM – Alquran merupakan pedoman hidup umat manusia, khususnya bagi seorang muslim. Maka, sudah sepantasnya kita menjalani hidup ini mengikuti aturan yang sudah tertera di dalam Alquran.

Sebagai seorang muslim, tentu saja kita sangat menginginkan dicintai oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Untuk itu, kita harus tahu, sifat apa saja yang akan membuat kita dicintai oleh Allah Subhanahu Wa Taala.

Di dalam Alquran disebutkan setidaknya ada 18 sifat yang dapat mengundang cintaNya. Namun, kita bahas dua sifat terlebih dahulu.

Tawakal

Tawakal termasuk salah satu sifat yang paling dicintai oleh Allah Subhanahu Wa Taala. Tawakal sering disangdingkan dengan ikhtiar.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita harus selalu berikhtiar kepadaNya untuk mencapai tujuan yang diinginkan, baik berupa kebahagiaan di dunia maupun akhirat kelak.

Namun demikian, kita juga harus berusaha sekuat tenaga. Sementara hasilnya, kita serahkan kepada Allah Subhanahu Wa Taala. Sebab, hanya Dia Yang Maha Mengetahui kebaikan bagi diri kita.

Itulah salah satu hikmah tawakal kepada Allah Subhanahu Wa Taala setelah kita berusaha sesuai kemampuan yang dimiliki.

Allah Subhanahu Wa Taala berfirman:

وَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ وَكَفَىٰ بِاللَّهِ وَكِيلًا

“Dan bertawakkallah kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai Pemelihara.”

Selain ayat tersebut, Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga menjelaskan hikmah tawakal dalam ayat yang lainnya, sebagai berikut:

“Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS Attalaq ayat 3).

Pada kedua ayat tersebut, Allah Subhanahu Wa Ta’ala. telah berjanji akan memberi kecukupan hidup kepada orang-orang yang bertawakal, termasuk dalam urusan rezeki.

Baca Juga :  Kasus Covid-19 Urung Reda, Pemda DIY Perpanjang Lagi Masa Tanggap Darurat

Oleh karena itu, jadilah kita sebagai orang-orang yang bertawakal dan tidak hanya pasrah pada takdir Allah. Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda:

“Andaikan kalian tawakal kepada Allah dengan sebenarnya, niscaya Allah akan memberi rezeki kepada kalian, seperti memberi rezeki pada burung. Mereka pergi pagi dengan perut kosong dan pulang sore dengan perut kenyang.” (HR Tirmidzi) (bersambung)/@fen/sumber: hajinews.id

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Tuntut Bebaskan Habib Rizieq, FPI Gelar Unjuk Rasa di Pemkab dan Mapolresta Bandung

Rab Des 16 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Ratusan massa Front Pembela Islam (FPI) menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Mapolresta Bandung, Selasa (15/12/2020) siang hingga Sore. Dalam orasinya, mereka tegas menuntut dibebaskannya Habib Rizieq Shihab (HRS) dan meminta pengusutan insiden meninggalnya 6 anggota FPI di Jalan Tol Jakarta-Cikampek beberapa […]