TAUSIAH: Jauhilah Sikap Sombong (4/Habis)

Editor Ilustrasi lafaz Allah./dok./net.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ﻣَﺎ ﻧَﻘَﺼَﺖْ ﺻَﺪَﻗَﺔٌ ﻣِﻦْ ﻣَﺎﻝٍ ﻭَﻣَﺎ ﺯَﺍﺩَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﺒْﺪًﺍ ﺑِﻌَﻔْﻮٍ ﺇِﻻَّ ﻋِﺰًّﺍ ﻭَﻣَﺎ ﺗَﻮَﺍﺿَﻊَ ﺃَﺣَﺪٌ ﻟِﻠَّﻪِ ﺇِﻻَّ ﺭَﻓَﻌَﻪُ ﺍﻟﻠَّﻪُ .

“ Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaan untuknya. Dan tidak ada orang yang tawadu (merendahkan diri) karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya .” (HR Muslim no. 2588)

Sikap tawadh inilah yang akan mengangkat derajat seorang hamba, sebagaimana Allah berfirman,

ﺩَﺭَﺟَﺎﺕٍ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢَ ﺃُﻭﺗُﻮﺍ ﻭَﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻣِﻨﻜُﻢْ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻳَﺮْﻓَﻊِ

“Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat.“ (QS Al Mujadilah: 11).

Termasuk buah dari lmu yang paling agung adalah sikap tawadu. Tawadu adalah ketundukan secara total terhadap kebenaran, dan tunduk terhadap perintah Allah dan rasul-Nya dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangan disertai sikap tawdu terhadap manusia dengan bersikap merenadahkan hati, memperhatikan mereka baik yang tua maupun muda, dan memuliakan mereka.

Kebalikannya adalah sikap sombong yaitu menolak kebenaran dan rendahkan manusia. ( Bahjatu Qulubil Abrar, hal 110)

Tidak Termasuk Kesombongan

Tatkala Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan bahwa orang yang memiliki sikap sombong tidak akan masuk surga, ada sahabat yang bertanya tentang orang yang suka memakai pakaian dan sandal yang bagus.

Dia khawatir hal itu termasuk kesombongan yang diancam dalam hadis. Maka Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menerangkan bahwasanya hal itu tidak termasuk kesombongan selama orang tersebut tunduk kepada kebenaran dan bersikap tawadu kepada manusia.

Bahkan hal itu termasuk bentuk keindahan yang dicintai oleh Allah karena sesungguhnya Allah Maha Indah dalam Zat-Nya, nama-nama dan sifat-sifat-Nya, serta perbuatan-Nya. Allah mencintai keindahan lahir dan batin.( Bahjatu Qulubil Abrar , hal 195)

Baca Juga :  PMI Solo Beri Layanan Ambulans Jenazah VIP dengan Mobil Mewah

Kesombongan yang Paling Buruk

Al Imam Adz Dzahabi rahimahullah berkata, “Kesombongan yang paling buruk adalah
orang yang menyombongkan diri di hadapan manusia dengan ilmunya, merasa dirinya besar dengan kemuliaan yang dia miliki. Bagi orang tersebut tidak bermanfaat ilmunya untuk dirinya.

Barangsiapa yang menuntut ilmu demi akhirat maka ilmunya itu akan menimbulkan hati yang khusyuk serta jiwa yang tenang. Dia akan terus mengawasi dirinya dan tidak bosan untuk terus memperhatikannya, bahkan setiap saat dia selalu introspeksi dan meluruskannya.

Apabila dia lalai dari hal itu, dia akan menyimpang dari jalan yang lurus dan akan binasa. Barangsiapa yang menuntut ilmu untuk membanggakan diri dan meraih kedudukan, memandang remeh kaum muslim yang lainnya serta membodoh-bodohi dan merendahkan mereka, maka hal ini merupakan kesombongan yang paling besar .

Tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan walaupun hanya sebesar zarrah (biji sawi) . Laa haula wa laa quwwata illaa billah .” ( Al Kabaa’ir ma’a Syarh li Ibni al ‘Utsaimin hal. 75-76, cet. Daarul Kutub ‘Ilmiyah.)

Pembaca yang dirahmati oleh Allah, semoga Allah Taala menjauhkan kita dari sikap sombong. Hanya kepada Allah lah kita memohon. Wa shalallahu ‘alaa nabiyyinaa Muhammad.
@/fen/sumber: www.muslim.or.id, penulis: abu ‘athifah adika mianoki,
muroja’ah: m. a. tuasikal

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tenaga Kerja Wanita Ditingkatkan di Masjidilharam

Sab Feb 13 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci telah menunjuk sekitar 1.500 wanita di berbagai departemennya untuk melayani pengunjung wanita di Masjidilharam di Mekah. Sebanyak 600 perempuan telah direkrut di Badan Urusan Teknis dan Pelayanan. Staf perempuan lainnya akan ditempatkan di departemen kepresidenan lain seperti kendaraan listrik, unit penyediaan […]