TAUSIAH: Malas Beribadah dan Tips Melawannya (1)

Editor Rasulullah saw. selalu menganjurkan umatnya untuk tafakur untuk kemudian sujud atau mentaati Allah dan RasulNya./foto ilustrasi/dok.net/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Rasa malas merupakan sebuah penyakit yang mudah sekali menghinggapi manusia karena memang tabiat manusia cenderung kepadanya kecuali mereka-mereka yang dirahmati Allah Subhanahu wa Taala.

Munculnya rasa malas, disebabkan beberapa hal. Misalnya karena tarikan syahwat yang kuat, lalai, atau panjang angan-angan.

Kecenderungan seseorang kepada hawa nafsu dan syahwatnya mengakibatkan lemahnya kemauan dalam diri untuk melakukan berbagai amal saleh .

Tidak jarang seseorang lebih mengutamakan salat di rumah ketimbang berjalan ke masjid, lebih memilih berkumpul dengan istri adan anak-anaknya ketimbang keluar untuk berdakwah dan berjihad ataupun lebih mengutamakan istirahat daripada bekerja dan beraktivitas.

Kemudian sifat lalai. Penyebabnya, karena jarangnya seseorang mengingat Allah di setiap waktu-waktunya. Lalai akan kewajibannya kepada Allah Taala, Rasul, dan Kitab-Nya, keluarga, masyarakat bahkan dirinya sendiri.

Kelalaian inilah yang menjadikan ia tidak antusias untuk memperbanyak amal dikarenakan tidak adanya dorongan kuat dalam dirinya.

Allah Ta’ala berfirman :

ﻭَﺍﺫۡﻛُﺮْ ﺭَّﺑَّﻚَ ﻓِﻰۡ ﻧَﻔۡﺴِﻚَ ﺗَﻀَﺮُّﻋًﺎ ﻭَّﺧِﻴۡﻔَﺔً ﻭَّﺩُﻭۡﻥَ ﺍﻟۡﺠَـﻬۡﺮِ ﻣِﻦَ ﺍﻟۡﻘَﻮۡﻝِ ﺑِﺎﻟۡﻐُﺪُﻭِّ ﻭَﺍﻟۡﺎٰﺻَﺎﻝِ ﻭَﻟَﺎ ﺗَﻜُﻦۡ ﻣِّﻦَ ﺍﻟۡﻐٰﻔِﻠِﻴۡﻦَ

“Dan sebutlah (nama) Tuhannmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu Termasuk orang-orang yang lalai.” (QS Al A’raf : 205)

Penyebab lain karena panjang angan-angan. Ada perbedaan antara harapan dan angan-angan. Harapan selalu dibarengi dengan usaha sedangkan angan-angan tidak pernah dibarengi oleh usaha.

Seseorang yang tenggelam dalam angan-angannya lupa bahwa segala sesuatu yang menimpa manusia adalah sesuai dengan takdir dan ketetapan Allah Taala.

Bagaimana caranya menghindari atau melawan rasa malas beraktivitas dan ibadah ini? Rasulullah Shalllalahu Alaihi wa sallam senantiasa berdoa :

Baca Juga :  Hasil dan Klasemen BRI Liga 1 2021/'22: Persib Bandung Tak Beruntung, Kalah Perdana dari Persija, Persebaya Berjaya Kalahkan Madura

“Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, dari sifat penakut dan kerentaan. Aku berlindung kepada-mu dari fitnah kehidupan dan kematian dan aku berlindung kepada-Mu dari adzab kubur.” (HR Bukhari).

Ustazah Ummi Fairuz Ar-Rahbini memberikan tips, yakni terus memohon kepada Allah agar tetap istikamah, mendatangi majelis-majelis yang mulia. (bersambung)/@fen/sumber: sindonews.com

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Forum SATHU Surati Menag Ajak Bahas RPMA

Rab Feb 24 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Ketua Harian Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah (Forum SATHU) Artha Hanif mengatakan, pihaknya telah menyurati Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas segera mengeluarkan Rancangan Peraturan Menteri Agama (RPMA). Saat ini sudah ada dua Peraturan Pemerintah (PP) tentang haji dan umrah ditandatangani Presiden Joko Widodo sebagai aturan […]