Tegalluar Paling Berpotensi Menjadi Lokasi Ibu Kota Jawa Barat

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Menjelang diresmikannya kereta cepat Jakarta Bandung kembali ramai wacana pemindahan Ibu Kota Jawa Barat ke daerah Tegalluar di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Tegalluar merupakan titik akhir stasiun kereta cepat tersebut di Bandung.

Tegalluar yang lokasinya berbatasan dengan Kota Bandung memiliki luas wilayah 736 hektare, berpenduduk 14 ribu jiwa. Desa ini juga berbatasan dengan Tol Padalarang-Cileunyi.

Presiden Direktur Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi seusai meninjau stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo bersama para Menterinya, Kamis (13/10/2022).

“Seperti yang sudah disampaikan, dengan adanya rencana Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Tegalluar menjadi satu opsi yang besar kemungkinannya untuk menjadi Ibukota Provinsi Jawa Barat, dan itu tentu harus didorong dengan dukungan politik,” ujarnya kepada awak media.

Ia menambahkan, bahwa sebetulnya ada tiga opsi yang muncul untuk ibukota Provinsi yang baru, Kertajati Kabupaten Majalengka, Walini Kabupaten Bandung Barat, dan Tegalluar Kabupaten Bandung.

“Tapi, dengan semakin jelas pembangunan kereta cepat, maka Tegalluar memiliki potensi besar yang memungkinkan. Tadi bocoran dari pak Gubernur, (Tegalluar) yang lebih potensi terhadap opsi yang lainnya,” pungkasnya.@gustav

Baca Juga :  Emma Dety: 4.619 Bunda Literasi Tingkat RW Terbentuk di Kabupaten Bandung

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Soal Perpindahan Ibu Kota Jabar, Ini Kata Wali Kota Bandung

Sab Okt 15 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | KOTA BANDUNG – Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap ibu Kota Jawa Barat masih berada di Kota Kembang yakni Kota Bandung. Hal tersebut ia lontarkan menaggapi soal wacana pemindahan ibu kota Jawa Barat. Wacananya, ada tiga opsi ibu kota akan pindah ke Tegalluar, Walini, dan Kertajati. “Kita […]