Teh, Mudah Didapat dan Kandungannya yang Hebat !

Editor Minuman teh di cangkir. /net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Teh adalah minuman yang mengandung kafeina, yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas. Teh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi empat kelompok: teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.

Bagi hampir sebagian besar masyarakat Indonesia, minum teh sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Ada yang menikmatinya di pagi hari, sore, bahkan ada yang selalu minum teh untuk mengiringi waktu makan. Meski demikian, masih sedikit yang tahu manfaat minum teh bagi kesehatan.

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, saat ini di pasaran beredar beragam jenis teh, seperti teh hijau, teh hitam, teh oolong, teh putih, dan lainnya. Masing-masing jenis teh tersebut tentu memiliki khasiatnya masing-masing. “Memang tidak mudah untuk memilih teh jenis apa yang manfaatnya paling dibutuhkan oleh tubuh. Namun dengan panduan berikut, Anda mungkin bisa mulai menentukan jenis teh apa yang akan Anda nikmati bersama keluarga,” ujarnya.

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda nikmati dari secangkir teh, jika Anda bisa meminumnya secara rutin:

1. Melawan radikal bebas

Teh mengandung antioksidan, sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh dalam melawan radikal bebas. Di dalam tubuh, radikal bebas muncul dari proses pembakaran. Radikal bebas inilah yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Nah, antioksidan dalam teh inilah yang dinilai memiliki kemampuan melawan radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan.

2. Membantu menurunkan berat badan

Teh adalah minuman yang hampir tidak memiliki kalori. Kandungan di dalam teh dapat menghambat penyerapan lemak. “Teh juga membantu membakar lemak lebih banyak saat Anda berolahraga. Namun, untuk dapat menurunkan berat badan, jangan menambahkan banyak gula dan susu ke dalam teh Anda,” sarannya.

Baca Juga :  PSSI Dukung PSS Sleman Laporkan Elwizan Aminuddin ke Polisi

3. Membuat kulit lebih sehat

Minum teh hitam secara teratur dinilai dapat secara signifikan mengurangi risiko kanker kulit. Meski demikian, minum teh hitam panas (hangat) dinilai lebih bermanfaat bagi kesehatan ketimbang menikmatinya sebagai es teh. Seperti dilansir Reader’s Digest, Uma Naidoo, MD, Direktur Nutritional and Lifestyle Psychiatry di Massachusetts General Hospital, Amerika Serikat, mengatakan bahwa teh hitam panas bermanfaat untuk megurangi gejala karsinoma kulit skuamosa.

4. Menurunkan risiko penyakit Alzheimer

Menurut Dr. Naidoo juga, teh hijau dapat membantu Anda mengembangkan resistansi terhadap stres, dan berpotensi menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Kandungan polifenol dalam teh bisa melindungi sel dari kerusakan.

5. Menurunkan risiko diabetes

Minum teh hitam setiap hari juga disebut dapat menurunkan risiko diabetes tipe-2 dengan membantu mengendalikan gula darah setelah makan. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di “Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition”, teh hitam dapat menurunkan gula darah dan setelah mengonsumsi makanan yang mengandung sukrosa.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Penelitian yang dipublikasikan di “Journal of Nutrition” melaporkan, mereka yang minum teh hitam tanpa gula secara rutin mengalami penurunan kadar kolesterol total dan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat, dibandingkan individu yang tidak mengonsumsi teh hitam.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Teh juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah, dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan.

8. Membuat gigi lebih kuat

Teh mengandung fluor, yang dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan plak. Teh juga dapat mengurangi bau mulut dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri di mulut.

Itulah beberapa manfaat teh bagi tubuh yang bisa Anda rasakan jika Anda minum teh secara rutin. Namun, perlu diingat bahwa teh juga memiliki efek samping jika dikonsumsi berlebihan, seperti insomnia, dehidrasi, sakit perut, dan gangguan lambung. Oleh karena itu, konsumsi teh dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat menikmati tehteh!

Baca Juga :  Studi Israel Menemukan, Booster Vaksin Pfizer dapat Melindungi dari Omicron

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Cuti Bersama Natal 2023, Akses ke Lokasi Wisata di Bandung Padat

Sel Des 26 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Selasa (26/12/2023) merupakan cuti bersama Hari Raya Natal 2023. Berdasarkan SKB 3 Menteri, cuti bersama Natal 2023 jatuh pada tanggal 26 Desember 2023, tepatnya pada hari Selasa. Cuti bersama ini berdekatan dengan akhir pekan, sehingga banyak masyarakat yang memanfaatkan libur panjang ini untuk berwisata. Salah […]