TELAAH: Benarkah Perempuan Diciptakan dari Tulang Rusuk Bengkok?

Editor :
Benarkah Perempuan Diciptakan dari Tulang Rusuk Bengkok? Ilustrasi muslimah./via republika.co.id/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Ada riwayat hadis yang mengatakan penciptaan perempuan berbeda dari laki-laki, yakni perempuan berasal dari tulang rusuk yang bengkok. 

“Saling memesanlah untuk berbuat baik kepada perempuan karena mereka diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok.” (Hadis riwayat Bukhari, Muslim, dan at-Tirmidzi melalui Abu Hurairah).

Namun, bagi ulama terdahulu, hadis tersebut dipahami secara harfiah. Sedangkan ulama kontemporer, tidak sedikit yang memahaminya secara metaforis bahkan ada yang menolak keshahihannya.

Pakar Tafsir Alquran asal Indonesia, Prof. M. Quraish Shihab menjelaskan dalam bukunya, Perempuan, hadis tersebut sebenarnya bermaksud memperingatkan para lelaki supaya menghadapi perempuan dengan bijaksana.

Sebab, perempuan memiliki sifat dan kecenderungan yang berbeda dengan lelaki.

Jika tidak disadari, ini akan dapat mengantarkan kaum lelaki untuk berperilaku tidak wajar. Siapa pun tidak akan mampu mengubah kodrat, termasuk kodrat perempuan.

Kalau ada yang memaksakan perubahan itu, akan berakibat fatal, seperti meluruskan tulang rusuk yang bengkok. Kata bengkok dalam hadis ini tidak melecehkan perempuan.

Itu hanya gambaran yang diberikan oleh Rasulullah saw. terhadap persepsi yang keliru dari sebagian lelaki menyangkut sifat perempuan sehingga mereka memaksakan meluruskannya. 

Memahami hadis tersebut dengan penjelasan di atas justru mengakui kepribadian perempuan yang telah menjadi kodrat sejak lahir. @fen/sumber: republika.co.id

Baca Juga :  Pengerjaan Drainase tidak Maksimal, Jalan Al Fathu jadi Genangan Air

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

HIDAYAH: Kisah Timothy Weeks, Mantan Sandera Taliban yang Jadi Mualaf (3/Habis)

Rab Mar 17 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – “Para penjaga sangat paranoid ketika tiba waktunya untuk bergerak. Saya akan berbisik kepada Kevin, tapi dia tidak mengerti. Dia akan bertanya lagi, saya ulangi dan para penjaga akan memukuli saya,” katanya. Weeks mengatakan US Navy Seals setidaknya pernah melakukan dua kali upaya penyelamatan. “Kami berada di sebuah […]