TELAAH: Tentang Perintah Salat dan Maknanya (2/Habis)

Editor :
Ilustrasi orang sedang salat./dok./net.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Di sisi lain, Allah menyisipkan beberapa waktu penting kepada manusia sebagai tempat mengadu dan mengeluh setelah melakukan aktivitas dunia. Dengan salat, manusia dapat mengistirahatkan diri dan ketenangan jiwanya setelah melakukan kesibukan dalam menghadapi berbagai aktivitas dunia.

Dengan begitu pula, setiap manusia mendapat pengakuan akidah di antara masyarakat hingga berimplikasi pada persatuan dan kesatuan umat.

Salat merupakan waktu pilihan saat pelimpahan karunia dan kecintaan yang menetes dari sumber yang tak kunjung kering. Di sisi lain, salat menjadi kunci kekayaan yang melimpah dan amat banyak bagi pelaksana-nya.

Salat juga termasuk titik tolak dari dunia yang kecil dan terbatas. Ia bagaikan ruh, salju dan naungan pada saat jiwa sedang panas. Salat merupakan sentuhan kasih sayang terhadap hati yang letih.

Karena itulah, ketika Nabi Muhammad saw. mengalami berbagai kesulitan dan persoalan, beliau segera melakukan salat.

Dengan salat, kecemasan dalam diri seseorang dapat menghilang karena di dalam salat terdapat gerak yang berproses. Perubahan gerak inilah yang membebaskan tubuh secara alam dari berbagai tekanan.

Salat merupakan salah satu cabang ibadah wajib yang disyariatkan oleh Islam.

بُنِيَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسَةٍ. عَلَى أَنْ يُوَحَّدَ اللهُ، وَإِقَامِ الصّلاَةِ، وَإِيتَاءِ الزّكَاةِ، وَصِيَامِ رَمَضَانَ، وَالْحَجِّ فَقَالَ رَجُلٌ: الْحَجِّ، وَصِيَامِ رَمَضَانَ؟ قَالَ لاَ. صِيَامِ رَمَضَانَ وَالْحَجِّ. هكَذَا سَمِعْتُهُ مِنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ (رواه مسلم

Artinya: “Islam dibangun di atas lima hal; di atas mengesakan Allah, mendirikan salat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadan dan beribadah haji”.

Kemudian seseorang bertanya : “Beribadah haji dan berpuasa di bulan Ramadan?” Ibnu Umar ra menjawab : “Bukan, berpuasa di bulan Ramadan dan beribadah Haji”.

Baca Juga :  Unjani Siap Ikut dalam Penanggulangan Covid-19 di Kab. Bandung

Demikianlah yang aku dengar dari Rasulullah saw.” (HR Imam Muslim).

Salat berasal dari bahasa Arab atau bahasa Alquran yang memiliki beberapa pengertian, ialah 1) Sembahyang ini lazim dikenal walaupun kata sembah yang sebenarnya tidak cocok atau kurang tepat.

2) Selawat, ialah selawat dan salam kepada Nabi yang biasa diucapkan terutama dalam salat di kala membaca tahiyyat atau tasyahud.

3) Doa, seperti salat jenazah, salat di situ berarti doa untuk jenazah, sebab shalat itu tanpa rukuk dan sujud.

Pengertian salat secara istilah ialah perkataan dan perbuatan tertentu yang dimulai dengan takbiratulihram dan diakhiri dengan salam.

Hasbi ash-Shidiqy mengklasifikasi pengertian salat menjadi dua bagian.

Pertama pengertian secara lahir, sebagaimana penjelasan pada umumnya, yaitu ucapan dan perbuatan tertentu diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam.

Kedua pengertian secara hakikat, ialah menghadap kepada Allah dengan menumbuhkan rasa kebesaran dan keagungan-Nya dengan penuh kekhusyu’kan dan keikhlasan baik dalam perkataan maupun perbuatan pada poin pertama.

Salat juga termasuk salah satu bentuk kepatuhan dan ketundukan seseorang kepada agamanya. Setiap umat manusia yang beragama memiliki ritual tertentu melaksanakan ibadah.

Ibadah yang dimaksud ialah ibadah sebagai bentuk ucapan atau terimakasih kepada Tuhan-nya mereka. Maka dari itua salat merupakan salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan karena saalat termasuk kategori ibadah khusus atau ibadah mahdah.

Di sisi lain, ibadah shalat ini merupakan salah satu perintah yang mana malaikat Jibril a.s diperintahkan langsung oleh Allah untuk menjemput Nabi Muhammad saw agar bertemu menghadap Allah. @fen/sumber: republika.co.id

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Wagub Uu Serahkan Penghargaan di Forum CSR Jawa Barat

Kam Des 31 , 2020
Silahkan bagikanmoreVISI.NEWS – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menyerahkan penghargaan kepada perusahaan yang turut berkontribusi membangun Jabar melalui Forum CSR Jabar di Gedung Indonesia Menggugat, Kota Bandung, Rabu (30/12/2020). Dalam Forum CSR Jabar, perusahaan mendapatkan arahan dari Pemerintah Daerah Provinsi Jabar supaya dana tanggung jawab sosial perusahaan atau […]