Tempat Sempit di Mina: Jemaah Haji Indonesia Menghadapi Tantangan Kepadatan Haji

Editor tangkap layar Jemaah Haji Indonesia Menghadapi Tantangan Kepadatan Haji. /instagram/ @dpr.ri
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Ketidaksesuaian antara jumlah jemaah haji dan kapasitas tenda di Mina telah menjadi sorotan setelah Wakil Ketua DPR RI, Gus Muhaimin, mengunjungi tenda jemaah haji asal Bogor, Jawa Barat. Dalam kunjungannya pada Senin tengah malam waktu Arab Saudi (17/06/2024), Gus Muhaimin menemukan bahwa satu orang hanya mendapat tempat tidur dengan lebar kurang dari satu meter.

“Kita menemukan fakta bahwa jumlah jemaah dengan kapasitas tenda tidak sesuai. Mana bisa tidur? Akhirnya tidur di lorong. Ini tidak boleh terulang,” ujar Gus Muhaimin dengan nada prihatin. Beliau menambahkan bahwa kondisi ini tidak hanya membuat jemaah tidak nyaman, tetapi juga berpotensi mengganggu kesehatan mereka karena kurangnya ruang pribadi dan istirahat yang memadai.

Menanggapi hal ini, Kementerian Agama RI segera melakukan pengecekan dan verifikasi terhadap kondisi tenda-tenda jemaah haji Indonesia. “Kami akan segera mengambil langkah-langkah perbaikan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan jemaah kita,” ucap Menteri Agama RI dalam konferensi pers.

Pihak penyelenggara haji Arab Saudi juga turut angkat bicara. “Kami akan bekerja sama dengan delegasi Indonesia untuk memastikan bahwa setiap jemaah mendapatkan akomodasi yang layak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan,” kata seorang pejabat dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Sementara itu, para jemaah haji yang terdampak langsung oleh situasi ini mengungkapkan kekecewaan mereka. “Kami datang ke tanah suci dengan harapan dapat melaksanakan ibadah dengan khusyuk, namun kondisi seperti ini sungguh di luar dugaan,” ungkap salah satu jemaah asal Bogor.

Dalam rangka mencari solusi jangka panjang, DPR RI bersama dengan Kementerian Agama RI dan pihak terkait lainnya berencana untuk mengadakan rapat koordinasi. Tujuannya adalah untuk merevisi dan meningkatkan standar akomodasi bagi jemaah haji Indonesia di masa yang akan datang.

Baca Juga :  Seluruh Jemaah Kembali ke Hotel di Mekkah Setelah Mengikuti Puncak Ibadah Haji

Gus Muhaimin sendiri berjanji akan terus memantau situasi dan memastikan bahwa perbaikan yang dijanjikan akan segera terlaksana. “Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk memastikan ibadah haji berjalan dengan lancar dan nyaman bagi seluruh jemaah,” tutupnya dengan tegas.

@rizalkoswara

Shinta Dewi P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

H. Agus Yasmin, "Kami kokoh dari awal dengan Kang DS"

Sel Jun 18 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | KAB. BANDUNG – Ketua DPD NasDem Kabupaten Bandung Agus Yasmin menyampaikan pandangannya pada saat penandatanganan nota kesepahaman koalisi empat partai politik untuk mendukung kembali Dadang Supriatna sebagai calon Bupati Bandung pada Pilkada Bandung 2024. Penandatanganan nota kesepahaman koalisi ini dilaksanakan oleh empat partai politik, yakni PKB, NasDem, […]