Tentang Infak, Sedekah, dan Zakat (3/Habis)

Editor Ilustrasi/via sindonews.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS –

3. Zakat

Dengan membandingkan pengertian infak dan sedekah di atas, maka zakat itu bisa kita definisikan sebagai ibadah di jalan Allah yang berbentuk harta finansial. Di mana zakat itu termasuk kewajiban agama dan menempati posisi sebagai salah satu dari rukun Islam.

A. Ibadah di Jalan Allah

Zakat adalah bagian dari sedekah, yaitu merupakan ibadah di jalan Allah. Artinya zakat itu selalu dan dipastikan hanya untuk di jalan Allah. Kita tidak mengenal zakat yang diserahkan di jalan kemaksiatan, keburukan atau kezaliman.

B. Berbentuk Harta Finansial

Dan zakat itu selalu diberikan dalam bentuk harta secara finansial. Baik berupa uang tunai, hasil panen, hasil pertanian, atau pun emas perak yang ditimbun.

Sedangkan istilah sedekah memang bisa mencakup segala bentuk kebaikan, termasuk yang bersifat non-materil, seperti jasa, empati, dan bahkan senyum.

Namun kalau sudah bicara zakat, tentu kita tidak bisa berzakat hanya dengan jasa baik kepada orang lain, walaupun jasa itu termasuk sedekah.

Maka orang yang banyak memberi senyum kepada orang lain tidak boleh merasa bahwa dirinya sudah tidak perlu berzakat, mentang-mentang senyum itu sedekah juga.

C. Hukumnya Wajib

Dan satu lagi yang unik dan membedakan zakat ini dengan sedekah harta di jalan Allah yang masih umum, hanya saja zakat ini adalah sedekah yang hukumnya wajib.Sedekah yang hukumnya wajib itu banyak, misalnya seseorang bernazar untuk sedekah atau menyembelih qurban. Kalau sudah dinazarkan dan apa yang menjadi doanya telah dikabulkan Allah, tentu wajib dilaksanakan.

Yang menarik, di dalam Al-Quran dan hadis Nabawi, seringkali istilah zakat disebut dengan sedekah saja. Dan penyebutan ini tidak salah karena zakat pada dasarnya juga bagian dari sedekah. Tentu dalam detail hukum, kita harus lebih teliti untuk membedakan mana yang sesungguhnya sedekah dengan makna zakat dan mana yang sedekah di luar zakat.

Baca Juga :  Warga yang Divaksin Dapat Sertifikat Bebas Pergi Tanpa PCR

Sebenarnya sedekah yang wajib bukan hanya zakat, masih ada beberapa sedekah lain yang jatuh hukumnya wajib, misalnya sedekah yang menjadi nadzar dan berbagai denda kaffarah yang wajib dibayarkan adalah contoh dari sedekah yang hukumnya wajib.

Kesimpulan

Infak adalah mengeluarkan harta, baik di jalan Allah atau di jalan mungkar. Infak yang khusus di jalan Allah disebut dengan sedekah.

Sedekah sendiri adalah segala kebaikan, baik dalam bentuk jasa atau barang atau harta pemberian. Dan dilihat dari segi hukumnya, sekadar ada yang hukumnya sunah dan ada yang hukumnya wajib.

Sedekah yang hukumnya wajib di antaranya adalah zakat. Tetapi selain itu juga ada nazar dan kafarat.

Sedangkan sedekah yang hukumnya sunah, di antaranya adalah santunan terhadap anak-anak yatim, sumbangan buat pembangunan masjid, harta yang diserahkan sebagai wakaf, dan pembiayaan dakwah. @fen/sumber: sindonews.com/rumahfiqih

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Hujan Lebat Membuat Ratusan Pemudik Lolos Penyekatan

Ming Mei 9 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Jalur Pantura Cirebon, Jawa Barat, dipadati pemudik dari Jakarta, yang menggunakan sepeda motor, pada Minggu (9/5/2021) pagi. Mereka berhasil lolos dari pos penyekatan dengan berbagai cara, di antaranya melalui jalur tikus dan akibat hujan lebat. Iring-iringan pemudik tampak memadati Jalur Pantura Arjawinangun, Kabupaten Cirebon. Para pemudik yang menggunakan sepeda motor ini, sudah terlihat ramai sejak […]