Terkait Boikot Saipul Jamil, KPI Kirim Surat Pada 18 Lembaga Penyiaran

Editor Terkait boikot Saipul Jamil, KPI kirim surat kepada 18 lembaga penyiaran./via tabloidbintang.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengirimkan surat kepada 18 lembaga penyiaran terkait penayangan Saipul Jamil di televisi. Hal tersebut lantaran konten yang berhubungan dengan Saipul Jamil dinilai sangat sensitif di mata masyarakat akibat kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur.

Mulyo Hadi Purnomo, Wakil Ketua KPI pusat mengungkap, pihaknya sudah menyaring keluhan masyarakat atas tayangan pembebasan Saipul Jamil pada Kamis (2/9) kemarin.

Momen sambutan bebasnya Saipul Jamil dinilai masyarakat berlebihan dan tidak layak diekspos secara besar-besaran.

Surat bernomor 602/K/KPI/31.2/09/2021 tertanggal 6 September 2021yang ditandatangani oleh Ketua KPI Pusat Agung Suprio, dialamatkan pada Direktur Utama Lembaga Penyiaran.

“Dari data tim IT kami sentimen negatif sangat mendominasi atas penayangan SJ. Kami kumpulkan sampai pukul 23.00 (WIB) tadi malam,” ujar Mulyo Hadi Purnomo kepada wartawan, Senin (6/9/2021), dilansir tabloidbintang.com.

Mulyo mengatakan, dalam surat bernomor 602/K/KPI/31.2/09/2021, KPI meminta seluruh lembaga penyiaran tidak membesar-besarkan Saipul Jamil dengan mengulang dan membuat konten yang seolah merayakan bebasnya Saipul Jamil yang kini dicap sebagai mantan narapidana tindak pencabulan terhadap anak di bawah umur atau pedofil.

“KPI menyampaikan surat kepada seluruh LP (Lembaga Penyiaran) terkait hal ini,” ucap Mulyo Hadi Purnomo.

KPI juga mengingatkan lembaga penyiaran agar memahami sensitivitas dan etika kepatutan publik terhadap kasus Saipul Jamil serta tidak berupaya untuk membuka dan menumbuhkan kembali trauma korban.

Lebih lanjut, surat yang dikirim KPI berisi peringatan agar dalam konten tayangan yang bersifat sensitif terkait penyimpangan seksual, prostitusi, narkoba, dan tindak melanggar hukum lainnya yang dialami oleh artis atau publik figur dapat disampaikan secara berhati-hati serta berorientasi edukasi publik.

Baca Juga :  Melalui Coklit, KPU Kab. Bandung Sudah Melaksanakan 100 Persen Sosialisasi Kepada Pemilih

“Agar hal serupa tidak terulang serta sanksi hukum yang telah dijalani tidak dipersepsikan sebagai risiko biasa,” katanya. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hasil Kualifikasi Piala Dunia Selasa 7 September Dini Hari

Sel Sep 7 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Sejumlah pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 telah berlangsung pada Senin (6/9) malam hingga Selasa (7/9) dini hari WIB. Berikut hasil lengkap Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Senin malam hingga Selasa 7 September Dini Hari. Melansir CNN Indonesia, pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Senin (6/9/2021) malam dan […]