Terkait Gempa Dahsyat, Turki Umumkan 7 Hari Berkabung Nasional

Editor Orang-orang berdiri di depan bangunan yang runtuh setelah gempa bumi di Kahramanmaraş, Turki 6 Februari 2023./foto reuters/via dailysabah.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | TURKI – Turki mengumumkan tujuh hari berkabung nasional setelah bencana gempa bumi dan 145 gempa susulan menghancurkan provinsi tenggara negara itu, kata Presiden Recep Tayyip Erdoğan, Senin.

Dalam pesan yang diposting di akun Twitter resminya, presiden mengatakan negara itu telah mengumumkan satu minggu berkabung dan akan menurunkan bendera setengah tiang di dalam negeri dan di misi diplomatik di seluruh dunia hingga 12 Februari 2023.

Sedikitnya 1.651 orang tewas sementara 11.119 lainnya luka-luka menyusul gempa berkekuatan 7,7 dan 7,6 Magnitudo dengan pusat gempa di Provinsi Kahramanmaraş menghancurkan 10 provinsi di tenggara negara itu.

Getaran dari gempa bumi yang mengguncang Turki dan tetangganya Suriah pada Senin dirasakan hingga Greenland , kata Survei Geologi Denmark dan Greenland.

Gempa hari Senin adalah yang paling mematikan di Turki sejak gempa berkekuatan 7,4 pada tahun 1999 ketika lebih dari 17.000 orang tewas, termasuk sekitar 1.000 di Istanbul.

Rusak infrastruktur pelabuhan utama

Gempa bumi besar yang mengguncang Turki Tenggara Senin pagi menimbulkan kerusakan parah pada infrastruktur energi negara itu, kata Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Fatih Dönmez.

Gempa berkekuatan 7,7 Skala Richter menyebabkan kerusakan serius pada infrastruktur, khususnya di Provinsi Kahramanmaraş, yang dianggap sebagai pusat gempa, kata Dönmez kepada wartawan.

Secara terpisah, para pejabat mengatakan dua jaringan pipa minyak kritis dan pembangkit listrik tenaga nuklir yang saat ini sedang dibangun, tetap tidak rusak.

Otoritas maritim Turki mengatakan gempa merusak pelabuhan utama di kota pesisir Mediterania Iskenderun. Kemudian di siang hari, api besar berkobar dan kepulan asap hitam melayang tinggi ke udara di atas Pelabuhan Internasional LimakPort Iskenderun.

Baca Juga :  Korban Banjir di Garut Butuh Bantuan Obat-obatan dan Sembako

Gempa tersebut merobohkan ratusan bangunan dan menewaskan lebih dari 1.500 orang, kata para pejabat. Ratusan orang diyakini masih terperangkap di bawah puing-puing, dan jumlah korban diperkirakan akan terus bertambah karena petugas penyelamat mencari gundukan reruntuhan di kota-kota besar dan kecil di seluruh area.

Kerusakan parah telah terjadi pada jalur transmisi dan distribusi listrik dan gas alam, Dönmez menginformasikan.

Sebelumnya, operator jalur pipa negara BOTAŞ mengatakan aliran gas alam dihentikan ke Provinsi Gaziantep, Hatay dan Kahramanmaraş dan beberapa distrik lain karena kerusakan pada jalur transmisi gas.

Dönmez mengonfirmasi bahwa jalur transmisi utama di distrik Türkoğlu di Kahramanmaras, yang dekat dengan pusat gempa, mengalami kerusakan paling parah.

“Ini adalah jalur transmisi utama kami yang membawa gas alam ke Gaziantep, Hatay dan Kilis, terutama ke Kahramanmaras. Saat ini, daerah-daerah tersebut mungkin mengalami pemadaman listrik,” tambahnya.

Tim sedang bekerja untuk memperbaiki jalur yang rusak, katanya, menambahkan bahwa sekitar 30 gardu induk milik Perusahaan Transmisi Listrik Türkiye (TEIAŞ) mengalami berbagai tingkat kerusakan.

“Kami mengirimkan pembangkit listrik bergerak kami ke wilayah tersebut. Secara khusus, kami akan mencoba memasok gas alam dan energi ke fasilitas seperti rumah sakit, dapur umum, dan toko roti, baik dengan metode transportasi gas alam terkompresi (CNG) maupun generator bergerak,” Dönmez dikatakan.

KRG menghentikan aliran minyak

Tidak ada kerusakan pada pipa Kerkuk-Ceyhan yang membawa minyak dari Irak ke Turki, atau ke pipa Baku-Tbilisi-Ceyhan (BTC), kata seorang pejabat energi kepada Reuters.

Namun, Pemerintah Daerah Kurdistan (KRG) mengatakan aliran minyak melalui pelabuhan Turki Ceyhan dihentikan sementara.

“Karena gempa bumi yang melanda Turki dan Suriah, dan untuk memastikan keamanan ekspor minyak dan mencegah insiden yang tidak diinginkan, ekspor minyak melalui pipa yang menghubungkan wilayah Kurdistan ke Turki telah ditangguhkan,” kata kementerian sumber daya alam wilayah tersebut dalam sebuah pernyataan. @fen/reuters/dailysabah.com

Baca Juga :  Dyche Berharap Kuartet Andalan Burnley Bisa Tampil Lawan MU

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Golden Rama Tours & Travel Tebar Promo Spesial Hari Valentine, Diskon Hingga 10 Juta

Sel Feb 7 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEW | JAKARTA – Sebagai langkah untuk memperkuat komitmen ‘Selalu Ada’, di bulan Februari yang identik dengan bulan penuh kasih sayang, Golden Rama Tours & Travel turut menebarkan cinta kepada para konsumen melalui kampanye promo spesial Valentine yang bertajuk Love is All Around the World. Diadakan selama dua pekan, […]