Tidur Setelah Sahur: Kebiasaan yang Berisiko bagi Kesehatan

Editor Ilustrasi./net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa tidur langsung setelah sahur dapat memiliki efek negatif pada kesehatan. Para ahli kesehatan menyarankan agar umat Muslim menghindari tidur segera setelah makan sahur selama bulan Ramadhan.

Menurut penelitian, tidur setelah sahur tidak memberikan waktu yang cukup bagi sistem pencernaan untuk memproses makanan yang dikonsumsi. Hal ini dapat menyebabkan makanan tertimbun dalam perut, yang pada akhirnya dapat meningkatkan penumpukan lemak tubuh dan risiko obesitas.

Selain itu, kebiasaan ini juga dapat memicu naiknya asam lambung, yang berpotensi menyebabkan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), nyeri ulu hati, dan sensasi terbakar di dada². Tidur setelah sahur juga dikaitkan dengan penurunan kualitas tidur dan metabolisme yang lebih lambat, yang dapat berujung pada penambahan berat badan.

Para ahli menyarankan agar setelah sahur, individu harus menunggu setidaknya dua jam sebelum tidur untuk memastikan proses pencernaan berjalan dengan baik. Mereka juga menekankan pentingnya melakukan aktivitas ringan atau ibadah setelah sahur untuk membantu proses pencernaan dan menghindari dampak negatif dari tidur langsung setelah makan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang dampak kesehatan dari tidur setelah sahur, kunjungi situs kesehatan terpercaya atau konsultasikan dengan dokter Anda.

@mpa

 

Baca Juga :  Ganti Nama, Tol Japek II Arah Cikampek Tutup Sementara Besok

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Memahami Berkah dan Doa untuk Keberkahan Dunia dan Akhirat

Sel Mar 12 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Berkah atau barokah adalah istilah yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam konteks keagamaan. Berkah secara umum diartikan sebagai kebaikan yang terus bertambah dan keberuntungan yang diberikan oleh Tuhan. Dalam Islam, berkah dianggap sebagai nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, baik yang terlihat […]