Tiga Jenis SIM C yang Rencananya Mulai Diberlakukan Pada Agustus 2021 Ini

Editor :


Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sudah menerbitkan peraturan baru terkait penggolongan SIM C atau surat izin mengemudi untuk sepeda motor. Ada tiga jenis SIM C yang diberlakukan.

Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigjen Yusuf menyampaikan, aturan tersebut rencananya diberlakukan mulai Agustus 2021.

“Namun sekarang kan lagi PPKM, jadi diprioritaskan sosialisasi dahulu,” tutur Yusuf saat dikonfirmasi, Minggu (1/8/2021), seperti dilansir dari merdeka.com.

Penggolongan SIM C tersebut termuat dalam Peraturan Kepolisian Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM. Di dalamnya disebutkan bahwa akan ada tiga jenis SIM C yakni SIM C, CI, dan CII.

“Ketiga dibedakan dalam kapasitas isi silinder kendaraannya,” jelas dia

SIM C untuk jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin sampai dengan 250 cc. Sementara SIM CI untuk jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 250-500 cc, atau jenis motor listrik. Sedangkan SIM CII berlaku untuk jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc atau jenis motor listrik.

“Untuk biaya pembuatan SIM C, CI, dan CII tetap sama,” tutup Yusuf.

Dalam Pasal 3 Nomor 8 Peraturan Kepolisian Nomor 5 Tahun 2021 disebutkan pemilik SIM C minimal berusia 17 tahun. Kemudian bagi pengendara motor SIM C I minimal berusia 18 tahun. Sementara pemotor SIM CII minimal berusia 19 tahun.

Pemotor yang ingin memiliki SIM CI wajib memiliki pelbagai persyaratan sesuai ayat (2) huruf h. Yang pertama pemotor harus terlebih dulu memiliki SIM C umum. Kemudian SIM C yang dimiliki telah digunakan selama dua belas bulan sejak SIM C diterbitkan.

Ketentuan serupa juga berlaku bagi pemotor yang ingin memiliki SIM CII. Dalam Pasal 3 Nomor 9 ayat (2) huruf i disebutkan pengendara lebih dulu memiliki SIM CI yang telah digunakan selama dua belas bulan sejak diterbitkan.@mpa/mdk

Baca Juga :  Jadwal Thailand Open II: 6 Wakil Indonesia Turun di Hari Pertama

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Webinar AIRCUVE Soal Keamanan 2FA, Melindungi Perusahaan yang Bekerja dari Jarak Jauh

Sen Agu 2 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – AirCUVE, perusahaan keamanan jaringan yang terkemuka di dunia, meluncurkan Solusi Autentikasi dua faktor (two-factor authentication/2FA) yang berteknologi cerdas, V-FRONT, sebagai solusi Login yang Mudah dan Canggih. Di tengah kondisi Covid-19 yang mengharuskan aktivitas bekerja dilakukan di rumah, proteksi jaringan perusahaan semakin penting. Demi melindungi sistem perusahaan, solusi […]