Tiga Tanggung Jawab Utama Ulama

Editor Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar menyampaikan tiga tanggung jawab yang layak dimiliki ulama saat hadir dalam Konferensi ke-6 Fatwa Internasional./sindonews/widya michella/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Miftachul Akhyar menyampaikan tiga tanggung jawab yang layaknya dimiliki seorang ulama saat hadir dalam Konferensi Fatwa Internasional ke-6 yang digelar Dâr Al Iftâ’ Mesir di Kairo, baru-baru ini.

Pertama, tanggung jawab kepada diri sendiri. Kedua, tanggung jawab kepada umat dan bangsa dan terakhir, tanggung jawab kepada Allah SWT.

“Kita perlu menghidupkan kembali mas’uliyah (rasa tanggung jawab) para ulama yang semakin menipis terhadap ketiga hal tersebut,” kata Miftachul Akhyar dikutip sindonews dari laman resmi MUI, Kamis (5/8/2021).

Mengutip Sahabat Ibnu Mas’ud, Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ini berpesan seandainya para ahli ilmu menjaga ilmu mereka dan meletakkannya kepada ahlinya, maka mereka akan dapat memimpin dan memandu penduduk zaman itu.

“Namun mereka menyerahkan ilmu itu kepada para pemilik dunia agar mereka dapat bagian dunia itu dari mereka, maka mereka telah menghinakan ahli ilmu,” jelasnya.

Pada makalahnya, ia turut memaparkan peran MUI dalam proses pemberian fatwa kepada umat Islam Indonesia. Mulai fatwa atas kehalalan suatu produk, problem aktual, hingga fatwa seputar pandemi Covid-19. Juga tantangan lembaga fatwa di era digital.

“Semua manusia dalam keadaan mabuk, kecuali para ulama. Dan para ulama pun dalam keadaan bingung, kecuali mereka yang mengamalkan ilmunya,” ucapnya.
@fen

Baca Juga :  Anggota Dewan Presentasikan Peran dan Kinerja DPRD Kota Bandung kepada Mahasiswa

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Satgas: Indonesia Siapkan Panduan Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Rab Agu 11 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Ketua Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa Indonesia sedang menyiapkan panduan untuk hidup berdampingan dengan Covid-19. “Bukan hanya Indonesia yang tengah menyiapkan strategi jangka panjang menghadapi Covid-19, negara-negara lain dan organisasi internasional seperti World Bank dan WHO juga telah menyiapkan panduan, baik […]