Tingkatkan Gairah UKM, Pertamina Jalin Kerjasama dengan Pemkab Garut

Editor :
Bupati Garut Rudy Gunawan, menyerahkan cenderamata miniatur babancong kepada Ketua Hiswana Migas DPC Garut, Iyad Hidayatulloh./visi.news/zaahwan aries

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Covid-19 telah menimbulkan dampak yang sangat luas bagi para pengusaha mikro yang ada di berbagai daerah termasuk Kabupaten Garut, Jawa Barat. Ini tentu harus mendapatkan perhatian serius dari berbagai pihak, agar keberadaannya tak “mati kutu,” gulung tikar.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, PT Pertamina (Persero) menjalin kerjasama dengan pihak Pemkab Garut. Kerjasama dibangun dalam bentuk sosialisasi program kemitraan antara Pertamina dengan masyarakat sekitar perusahaan.

PT Pertamina melakukan pertemuan dengan Bupati Garut, Rudy Gunawan di ruang kerja Buapti, Senin (13/7). Dari pihak Pertamina diwakili Ketua Hiswana Migas DPC Garut, Iday Hidayatullah didampingi Humas Hiswaa Migas DPC Garut, Evi Hartaz Alvian.

“Ini sebagi bentuk keseriusan kami menjalin kerjasama dengan Pemkab,” kata Evi usai melakukan pertemuan dengan Bupati.

Dalam kesempatan itu, tambah Evi, pihak Pertamina menyerahkan plakat serta piagam penghargaan kepada Pemkab Garut atas kerjasama yang telah dijalin dengan PT Pertamina dalam penanganan Covid-19.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Ketua Hiswanan Migas DPC Kabupaten Garut, Iday Hidayatullah yang juga disaksikan langsung oleh Comm Rel & CSR MOR III PT Pertamina.

Sedangkan dari pihak Pemkab Garut, tambah Evi, juga menyerahkan cenderamata kepada pihak Pertamina berupa kain batik garutan dan miniatur babancong.

“Pertemuan tersebut merupakan yang kesekian kalinya dilakukan antara pihak Pemkab Garut dengan PT Pertamina selama masa pandemi Covid-19,”jelasnya lagi.

Evi menyebutkan, kerjasama yang dijalin PT Pertamina dengan pemkab Garut, yaitu dalam upaya membantu para pengusaha mikro yang terdampak pandemi Covid-19, dengan maksud meningkatkan kemampuan usaha mikro dan kecil.

“Melaui program ini, diharapkan mereka menjadi tangguh dan mandiri sekaligus bisa memberikan multi efek untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Baca Juga :  PSI Yakin Yena Bisa Meraih Suara Signifikan

Dikatakan, Program ini terfokus di sekitar wilayah operasional perusahaan khususnya dan atau masyarakat umumnya.

Dijelaskannya, program kemitraan ini tak hanya bergerak di satu bidang saja akan tetapi di berbagai bidang. Mulai dari perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, industri, dan jasa. Tentunya ada aturan-aturan yang harus dipenuhi disamping harus adanya komunikasi antara pengusaha dan pemerintah sebagai sinergitas jalannya program ini.

Menurut Evi, adapun besaran pinjaman yang bisa diberikan Pertamina kepada rekan bisnis dalam program ini maksimal mencapai Rp 200 juta. Pinjaman bisa didapatkan tanpa bunga, dengan tenor waktu selama 3 tahun, dengan jasa admin/margin hanya 3 persen per tahun menurun dari saldo awal.

“Dalam teknisnya nanti, terlebih dahulu akan ada kegiatan dalam bentuk pelatihan dan promosi, serta ketentuan lainnya,” tandas Evi.

Sementara Bupati Garut, Rudy Gunawan mengaku sangat mengapresiasi niat baik Pertamina yang ingin menjalin kerjasama dalam hal penanganan dampak Covid-19, khususnya bagi para pengusaha mikro yang ada di Kabupaten Garut.

Dalam kesempatan tersebut, Rudy Gunawan menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pertamina dan Hiswana Migas atas kerjasama yang selama ini telah terjalin.

“Terlebih lagi dengan adanya kerjasama untuk membantu para pengusaha mikro, kami tentu sangat menyambutnya. Ini bentuk kepedulian dan kemitraan sangat baik yang diberikan PT Pertamina untuk masyarakat kami di Garut,” ucap Rudy.

Rudy menilai, program yang digulirkan Pertamina itu tentu sangat besar manfaatnya, karena bisa menggairahkan kembali UMKM yang ada di Kabupaten Garut. Pihaknya pun akan secara khusus mempersiapkan program kemitraan tersebut sehingga hasilnya akan benar-benar epektif.

Dalam kesempatan itu, Rudy juga menyampaikan niatnya untuk mengajukan permohonan bantuan masker untuk para siswa SD dalam menghadapi persiapan sekolah tatap muka.@zhr

Baca Juga :  MTQ NASIONAL: PBNU Berharap Alquran Tak Sekadar Diperlombakan

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ratusan Karyawan PT Condong Pertanyakan Uang Gaji yang Sudah Empat Bulan Tak Diterima

Sen Jul 13 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Nasib naas menimpa para pekerja perkebunan milik PT Condong yang mengaku sudah empat bulan terakhir tak mendapatkan gaji. Tak hanya itu, mereka juga mempertanyakan keberadan uang koperasi serta uang pensiun yang sudah puluhan tahun mereka tabungkan, akan tetapi higga kini tidak ada kejelasan. “Sudah empat bulan terakhir […]