Tingkatkan Literasi, Dispusip Jalin Kerjasama Dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung (Pemkab) melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) menjalin kerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung, Selasa (20/2/2024).

Perjanjian kerjasama ini terkait pembinaan perpustakaan, pembinaan dan pengawasan kearsipan, pengembangan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, pengembangan perpustakaan madrasah serta percepatan minat baca masyarakat Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung Dr. H.M. Dadang Supriatna diwakili Kepala Dispusip Kabupaten Bandung H. Teguh Purwayadi S.STP, M.Si., menyampaikan bahwa literasi menjadi tolok ukur bagi kemajuan bangsa dan kunci pengembangan sumber daya manusia.

“Dengan perjanjian kerjasama ini diharapkan dapat semakin meningkatkan dan mewujudkan masyarakat Kabupaten Bandung yang literat, dan berwawasan luas serta memiliki pemahaman literasi sebagai kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi, mencari, mengolah dan menginformasikan kembali sehingga dapat memiliki daya saing global,” ungkap Teguh.

Dalam upaya peningkatan literasi masyarakat, imbuh Teguh, diperlukan strategi dan terobosan dalam program-program kegiatan yang berkesinambungan dimulai dari lingkungan keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat yang terintegrasi.

“Salah satu program Dispusip yang menyasar satuan pendidikan dasar adalah dengan sosialisasi kegemaran membaca di Pondok Pesantren dan Madrasah serta peningkatan kapasitas Tenaga Perpustakaan Madrasah untuk menunjang pengembangan dan percepatan minat baca dan literasi,” ujar Teguh.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Bandung Dr. H. Cece Hidayat, M.Si., berharap dengan adanya perjanjian kerjasama ini dapat menciptakan sumber daya manusia di bidang literasi yang mumpuni, khususnya pada para tenaga perpustakaan madrasah.

@kos

Baca Juga :  Arsenal dan LABS Group Jalin Kemitraan Baru

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Bandung Serahkan Santunan Bagi 19 Petugas Penyelenggara Pemilu yang Meninggal Saat Bertugas

Sel Feb 20 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SOREANG – Bupati Bandung H.M. Dadang Supriatna secara simbolis menyerahkan santunan BPJS Ketenagakerjaan bagi ahli waris dari 19 petugas penyelenggara Pemilu yang meninggal dunia saat menjalankan tugasnya. Sembilan orang di antaranya meninggal dunia sebelum hari H pencoblosan dan 10 orang setelah hari H pencoblosan pemilu. Penyerahan santunan sebesar […]