Tips Liburan Panjang di Solo: Menyatu dengan Budaya dan Alam

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SURAKARTA – Libur panjang merupakan waktu yang tepat untuk menjelajahi destinasi menarik, dan Solo menjadi salah satu pilihan terbaik. Kota ini tak hanya kaya akan sejarah dan budaya, tetapi juga menyuguhkan beragam atraksi menarik untuk keluarga. Berikut beberapa tips bagi Kalian yang ingin merencanakan liburan panjang di Solo:

  1. Menyelami Kekayaan Sejarah di Keraton Kasunanan Surakarta

Solo memiliki warisan sejarah yang menakjubkan di Keraton Kasunanan Surakarta. Kalian bisa menjelajahi bangunan bersejarah, menikmati pertunjukan tari dan gamelan, serta mengunjungi museum yang menghadirkan koleksi kerajaan yang berharga.

  1. Mengenal Seni Batik dan Warisan Kesenian Lokal

Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman menjadi tempat terbaik untuk mengeksplorasi seni batik. Di sini, Kalian dapat belajar cara membuat batik, menemukan motif batik yang khas, serta mengunjungi rumah produksi seni batik dan galeri artefak budaya.

  1. Merasakan Budaya dan Tradisi di Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran mempersembahkan koleksi berharga dari Kerajaan Mataram dan Majapahit. Jelajahi pendopo yang indah, saksikan pertunjukan klasik, dan nikmati pengalaman makan malam istana dengan hidangan khas Keraton Mangkunegaran.

  1. Menikmati Kuliner Khas Solo dari Berbagai Kawasan

Solo memiliki beragam tempat kuliner seperti Kota Barat, New Galabo, Kuliner Mangkubumen, Pasar Gede, dan banyak lagi. Jajal berbagai hidangan khas seperti nasi liwet, brambang asem, gudeg ceker, dan hidangan lezat lainnya.

  1. Menikmati Tempat Wisata Baru: Solo Safari

Solo Safari adalah destinasi baru yang cocok untuk kunjungan keluarga. Di sini, Kalian dapat berinteraksi dengan satwa, menyaksikan pertunjukan satwa, dan melakukan berbagai aktivitas seru seperti petting zoo, interaksi dengan satwa, dan edukasi satwa.

  1. Menjelajahi Pasar Tradisional dan Museum-Museum Menarik
Baca Juga :  Bupati Bandung Rekomendasikan Upah Minimum dari Sekira Rp 3,2 Juta Menjadi Lebih Rp. 3,5 Juta

Solo memiliki Pasar Klewer yang terkenal dengan berbagai kain batik dan kuliner khasnya. Selain itu, jangan lewatkan kunjungan ke Pasar Antik Triwindu, Museum Keris Solo, serta Tumurun Private Museum untuk menikmati seni dan barang-barang antik.

  1. Mencicipi Suasana Malam Kota dengan Ngarsopuro Night Market

Habiskan malam Kalian di Ngarsopuro Night Market yang menawarkan banyak atraksi, live music, street art market, serta berbagai kuliner khas Solo yang dapat dinikmati bersama keluarga.

Liburan panjang di Solo merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Jangan lupa untuk merencanakan dengan baik agar dapat menikmati setiap detiknya dan menjelajahi kekayaan budaya serta atraksi menarik yang ditawarkan oleh kota ini. Semoga liburan Kalian di Solo menjadi momen yang menyenangkan dan penuh inspirasi!

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dave Laksono : UU ITE Disahkan, Perkuat Jaminan Penghormatan Hak dan Kebebasan Orang Lain

Rab Des 13 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono menyatakan Undang-Undang Tentang Perubahan Kedua Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan penyempurnaan atas pengaturan ruang digital yang telah disahkan di Rapat Paripurna DPR RI baru-baru ini, memiliki arti penting untuk mewujudkan kepastian […]