TIPS: Solusi Tak Dapat SMS Sertifikat Vaksin Covid-19

Editor Ilustrasi vaksin Covid-19./cnn indonesia/andry novelino/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Bagi masyarakat yang telah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dosis kedua bisa mendapatkan sertifikat vaksinasi Covid-19 di situs Pedulilindungi.

Masalahnya, sejumlah warga tidak mendapatkan SMS berisi link sertifikat vaksin, hingga tidak mengetahui cara download sertifikat lewat situs dan aplikasi Pedulilindungi.

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Dedy Permadi menjelaskan alasan sebagian masyarakat tidak mendapatkan pesan singkat berisi tautan (link) sertifikat vaksin usai menerima dosis kedua.

Ia mengatakan alasan pertama yakni ada jeda penerbitan sertifikat karena antrean pengiriman input pada sistem satu data. Ada juga kemungkinan data nomor HP masyarakat tidak terinput sehingga pesan SMS tidak terkirim. Selain itu ada juga kemungkinan jika nomor yang diberikan tidak sesuai.

“Data nomor HP kosong atau tidak sesuai dengan yang digunakan saat mendaftar di Pedulilindungi.id,” ujar Dedy beberapa waktu lalu.

Lantas ia juga menanggapi pertanyaan mengapa sebagian masyarakat ada yang langsung dapat menerima SMS berisi link sertifikat, sedangkan yang lainnya tidak.

Ia mengatakan hal itu disebabkan nomor ponsel tidak sama, atau terdapat kegagalan dalam pengiriman SMS.

Kata Dedy untuk lebih jelas perlu dilakukan investigasi detail, yakni memeriksa nomor HP yang dimaksud untuk disesuaikan dengan log pada sistem.

Pada prinsipnya, dijelaskan Dedy penerbitan sertifikat vaksin secara otomatis dilakukan oleh sistem. Semua dilakukan usai petugas fasilitas kesehatan melakukan input informasi pelaksanaan vaksin di sistem PeduliLindungi.id.

Pemerintah diketahui memang akan memberi sertifikat vaksin jika penduduk sudah menerima dua suntikan vaksin Covid-19, baik itu Sinovac, maupun AstraZeneca.

Perlu diketahui sertifikat vaksin merupakan tanda yang menunjukkan status vaksinasi seseorang. Sertifikat ini membuktikan seseorang sudah divaksin atau belum.

Baca Juga :  Rekap Hasil dan Klasemen Liga Italia, Juventus Seri, Inter Menang

Masyarakat bisa memperoleh sertifikat vaksin dan mencetaknya secara mandiri lewat situs dan aplikasi Pedulilindungi usai mendapat suntikan. Caranya pun cukup terbilang mudah untuk dilakukan.

Ada beberapa syarat yang harus dilakukan agar bisa mengecek, download, dan cetak sertifikat vaksin lewat situs Peduli Lindungi sebagai berikut:

1. Sebelumnya pengguna disarankan harus login terlebih dulu. Sebab, jika langsung melakukan pencarian status lewat bar pencarian di halaman awal situs ini tanpa login, data yang ditampilkan tidak akurat.

Jika sudah login dengan nomor ponsel yang tepat, maka akan tertera data yang benar.

2. Lebih lanjut lakukan login lewat nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar vaksin atau nomor yang digunakan saat melakukan vaksinasi.

Apabila sudah, masukan kode OTP yang dikirimkan ke SMS nomor ponsel. Sebab jika salah memasukkan nomor ponsel, bisa menyebabkan akun Anda tidak teridentifikasi sudah melakukan vaksin.

Setelah login dengan data yang tepat, maka sertifikat vaksin tahap 1 dan 2 bisa dilihat, di-download dan dicetak dengan cara berikut:

1. Pilih kolom Login/Register di sudut kanan atas situs.
2. Lalu klik Login. Jika belum pernah membuat akun, pilih Buat akun PeduliLindungi.
3. Jika tampilan sudah berubah, masukkan nama lengkap dan nomor ponsel yang digunakan saat melakukan vaksin.
4. Lalu klik profil yang tertera dengan nama depan pengguna di sudut kanan atas.
5. Lebih lanjut pilih sertifikat vaksin dengan mengklik profil di kanan atas situs. Selanjutnya pilih menu “Sertifikat Vaksin”. Sertifikat vaksin usai menerima suntikan vaksin Covid-19 akan muncul.
6. Jika seluruh data sudah benar, Anda bisa download sertifikat vaksin tersebut dengan klik “Unduh Sertifikat”
7. Apabila Anda ingin mencetak file unduhan yang ada di Galeri ponsel, bisa dikirm via email agar bisa dicetak di PC atau laptop yang sudah terhubung dengan printer.

Baca Juga :  Gara-gara Pungli Saat Nilang, Perwira Polisi ini Dicopot dari Jabatannya

Melalui Aplikasi Pedulilindungi

1. Buka toko aplikasi yang ada di iOS dan Android. Lalu download aplikasi PeduliLindungi.
2. Jika sudah terdownload dan terinstal di ponsel pintar Anda, lakukan login dengan nomor ponsel yang terdaftar saat melakukan vaksinasi.
3. Lalu masuk ke akun PeduliLindungi Anda dengan kode OTP SMS yang dikirim ke nomor ponsel.
4. Pilih ikon akun yang terletak di pojok kanan atas aplikasi PeduliLindungi, lalu pilih Sertifikat Vaksin untuk melihat sertifikat vaksin.
5. Pilih sertifikat vaksin yang ingin ditampilkan. Biasanya tampilan sertifikat otomatis muncul usai Anda selesai penyuntikan vaksin Covid-19 dua dosis.
6. Pilih “Unduh Sertifikat” untuk mendownload dan menyimpan sertifikat vaksin Covid-19 tersebut.
7. Apabila Anda ingin mencetak file unduhan yang ada di Galeri ponsel, bisa dikirim via email agar bisa dicetak di PC atau laptop yang sudah terhubung dengan printer.

Itulah sekilas penjelasan jika sebagian masyarakat tidak mendapat SMS setelah vaksin Covid-19, hingga cara mendownload sertifikat vaksin. Disarankan untuk mempergunakan metode tersebut apabila dibutuhkan sebagai kelengkapan dokumen. @fen/sumber: cnn indonesia

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

SEHAT: Ini Beda Sakit Kepala Biasa dan Gejala Covid-19

Jum Agu 13 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Sakit kepala menjadi salah satu gejala Covid-19 yang dialami sebagian pengidap. Gejalanya sendiri ditandai dengan rasa sakit sangat menyiksa yang terkadang hanya dialami di satu sisi kepala. Sakit kepala tidak melulu pertanda virus corona, kadang gangguan tersebut berkaitan dengan pilek, sinusitis, dan alergi. Akibat kemungkinan yang beragam, cenderung sulit […]