Tito: Virus Corona Lemah Bisa Dihancurkan Sinar Ultraviolet

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebut virus corona merupakan virus yang lemah./cnn indonesia/andry novelino.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengklaim virus corona (Covid-19) tergolong lemah karena memiliki kandungan lemak yang bisa dihancurkan dengan alkohol 70 persen dan sinar ultraviolet buatan maupun alami, seperti matahari.

“Virus ini virus yang berlemak, maka dia termasuk lemah. Cara mematikannya adalah menghancurkan materi genetik RNA di bagian dalamnya,” kata Tito dalam acara Kampanye Nasional Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia di kanal Youtube Katadata Indonesia, Kamis (15/10/2020), seperti dilansir CNN Indonesia.

“Beberapa penelitian menyatakan bisa dihancurkan dengan sinar ultraviolet. Baik sinar ultraviolet alami seperti matahari itu yang terbaik,” ujarnya melanjutkan.

Menurut Tito, virus corona juga bisa mati dengan alkohol di atas 70 persen serta bahan kimia mengandung eter serta klorin. Bahan-bahan itu, kata dia, sudah terkandung dalam hand sanitizer hingga berbagai jenis sabun.

“Kita bisa hancurkan virus ini dengan menghancurkan selaput lemaknya. Kalau selimutnya dihancurkan, itu virusnya akan hancur,” kata Tito.

Melihat hal itu, Tito berpendapat kegiatan mencuci tangan sangat penting dilakukan untuk menekan angka penyebaran virus corona. Cuci tangan, kata dia, harus dilakukan usai memegang benda-benda yang terindikasi rawan menjadi tempat penyebaran virus.

“Karena tangan merupakan bagian yang mudah latah memegang hidung, telinga kita. Di situ ada droplet, aerosol, di tangan kita ada virus, lalu memegang hidung mulut. Kita akan terpapar,” ujarnya.

Hingga hari ini, jumlah kumulatif kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 349.160 orang. Dari jumlah tersebut, 273.661 orang dinyatakan sembuh dan 12.268 orang lainnya meninggal dunia. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pleno KPU Kabupaten Bandung Tetapkan DPT

Kam Okt 15 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kabupaten Bandung, jumlahnya mencapai 2.356.412 hak pilih. Jumlahbteraebut terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 1.189.772 dan pemilih perempuan 1.166.640. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua KPU Kab Bandung Agus Baroya SP MM di hadapan para wartawan usai penetapan DPT. “Kami sampaikan bahwa jumlah […]