TNI AD Tak Lagi Berlakukan Tes Keperawanan bagi Calon Kowad

Editor Kepala Staf TNI AD Andika Perkasa menyatakan tak lagi memberlakukan tes keperawanan bagi calon Kowad untuk memperbaiki proses rekrutmen./cnn indonesia/andry novelino/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) Andika Perkasa mengungkap telah menghapus tes keperawanan bagi calon Korps Wanita TNI AD (Kowad).

Melansir CNNIndonesia.com, Andika mengonfirmasi perubahan ini dilakukan guna memperbaiki proses rekrutmen calon Korps Wanita TNI AD, salah satunya ialah tes keperawanan.

“Inspeksi vagina dan serviks (tes keperawanan), sekarang tidak ada lagi,” ujar Andika lewat keterangan video, Rabu (10/8/2021).

Tes keperawanan dilakukan dengan mengecek bagian tubuh vital wanita seperti vagina hingga serviks. Namun tes ini dinilai dapat menghilangkan nyawa seseorang.
Selain itu menghilangkan tes keperawanan ini dinilai dapat menghindari adanya penyakit menular berbahaya di antara calon prajurit wanita.

“Jangan sampai terjadi penularan, dalam latihan dia kan bersama-sama dan kelompok. Kalo dia punya penyakit menular, dia tidak bisa. Nanti menularkan ke yang lain,” tuturnya.
Lihat Juga :

KSAD menilai perbaikan yang dilakukan semata-mata agar fokus pada kesehatan prajurit dan tidak melebar ke mana-mana. Namun tes kesehatan lainnya tetap dilakukan seperti ginekologi, genitalia luar dan dalam.

Andika menambahkan bahwa perbaikan yang dilakukan tidak hanya pada tes keperawanan, melainkan tes-tes lainnya.

“Di antaranya kalo rekrutmen materi seleksinya ada kesehatan, ada akademik, ada psikologi, ada fisik, dan ada administrasi. Itu semuanya kita perbaiki,” ujar Andika.

Sebelumnya KSAD Jenderal Andika Perkasa mengungkapkan hal ini dalam Teleconference bersama Pangdam seluruh Indonesia terkait persyaratan kesehatan bagi Kowad yang dirilis di YouTube pada 18 Juli 2021.

Namun saat itu Andika tidak memberikan keterangan lebih detail terkait persyaratan apa yang perlu diganti, hingga muncul isu yang beredar terkait isu keperawanan ini.

TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan Angkatan Laut (TNI AL) telah lebih dulu mengeluarkan aturan dengan tidak menerapkan tes keperawanan terhadap calon prajurit perempuan.

Baca Juga :  Salat Id di Lapangan KPAD, Yana Bersyukur Warga Bandung Bisa Salat Id Dekati Normal

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma Indan Gilang Buldansyah mengatakan tes kesehatan terhadap calon prajurit TNI AU perempuan diatur dalam Keputusan KSAU Nomor Kep 329/XI/2019 dan Nomor Kep 330/XI/2019. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bonucci: Messi ke PSG Tak Ubah Masa Depan Ronaldo di Juventus

Kam Agu 12 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Kepindahan Lionel Messi ke Paris Saint-Germain (PSG) tidak berdampak pada masa depan Cristiano Ronaldo bersama Juventus, menurut rekan setimnya Leonardo Bonucci. Pemenang enam kali Ballon d’Or, Messi, telah menyelesaikan kepindahannya ke PSG, Selasa (10/8), dan mengakhiri hubungannya selama 20 tahun lebih dengan Barcelona. Raksasa Prancis PSG sebelumnya juga telah dikaitkan […]