Tokoh Sunda Berkumpul Di KBB, Lantas Apa Yang Dibahas ? Begini Penjelasannya..

Silahkan bagikan

VISINEWS |BANDUNG – Jelang kongres sunda tahun 2022, sejumlah tokoh di bumi pasundan berkumpul di Museum Galeri Bahari (Mugaba), Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (19/6/22), lantas apa yang dibahas para tokoh sunda ?

Ketua Umum (Ketum) Angkatan Muda Siliwangi (AMS), Noery S Pandji mengatakan, pertemuan para tokoh sunda, parguruan (paguron), akademisi sunda, adat budaya, pesantren dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) itu, membahas berbagai isu kasundaan.

“Alhamdulilah, setelah tidak lama berkumpul akibat Covid-19, hari ini akhirnya bisa dipertemukan dalam keadaan sehat guna konsolidasi persamaan visi-misi yang bakal dibawa dalam agenda Konges Sunda,” katanya.

Kepada awak media, salah seorang tokoh di Jabar ini mengungkapkan, Kongres Sunda dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 27-29 Oktober 2022 atau bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda di Gedung Merdeka Bandung, tentunya guna membahas berbagai isu di tatar sunda.

“Kongres Sunda 2022 mempunyai visi Sunda Mulia Indonesia Jaya yaitu sunda yang dihargai suku bangsa lain dan Indonesia yang maju berkeadilan sesuai dengan pembukaan UUD 1945,” ungkap Noery.

Dalam Kongres Sunda nanti, lanjut Noery, para tokoh sunda akan merumuskan strategi Kebudayaan Sunda sesuai dengan UU No. 5 tentang Pemajuan Kebudayaan, mewacanakan arah kebijakan dan pembangunan terbaik untuk Tatar Sunda dan Indonesia.

“Mengembalikan Nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda atau Tatar Sunda, terakhir memperkuat keterwakilan orang sunda di DPR/DPD/DPRD dan posisi dan kepemimpinan sunda di Pemilihan Presiden 2024,” ujarnya.

Terakhir, meminta pemerintah membuka moratorium tentang pemekaran Jabar, mengingat saat ini ada ketimpangan antara jumlah penduduk dan jumlah kota/kabupaten di Jabar.

“Etnis Sunda itu kedua terbesar di Indonesia, jumlah masyarakat juga banyak, namun jumlah kabupaten/kota timpang secara nasional, kita dorong moratorium agar dicabut sehingga pemekaran bisa berlangsung,” pungkasnya. @eko

Baca Juga :  Mahfud MD Bicara Penerapan Syariah dalam Konteks NKRI

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gencarkan Misi "Derusifikasi", Ukraina akan Batasi Buku-buku Rusia dan Musik

Sen Jun 20 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | KYIV – Ukraina akan memberlakukan pembatasan ketat pada buku dan musik Rusia karena negara tersebut berusaha untuk memutuskan banyak ikatan budaya yang tersisa antara kedua negara setelah invasi Moskow. Melansir dailysabah. com dari reuters, Parlemen Ukraina pada hari Minggu memberikan suara melalui dua undang-undang yang akan mendorong […]