TONTONAN: Film Interaktif Pertama di Indonesia, Penonton Ikut Terlibat dalam Alur Cerita

Editor :
Film interaktif pertama di Indonesia, penonton ikut terlibat dalam alur cerita. /tabloidbintang.com/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Sutradara Alvin Rizky Ismail menghadirkan karya terbaru, yakni sebuah film bergenre horor berjudul “Dengar”, yang dibintangi Oka Antara, Lania Fira, Jajang C. Noer, dan Ismi Melinda.

Film hasil kerja sama Hidoep Sinema bersama Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) dan Tiket.com ini digadang-gadang sebagai film interaktif pertama di Indonesia.

Alvin mengatakan ide awal pembuatan karyanya kali ini bermula dari keprihatinan atas lesunya industri film akibat pandemi Covid-19. Alvin memutar otak untuk tetap membuat film, dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Tercetuslah ide untuk menggarap film interaktif, dimana para pemain tidak harus saling bertatap muka.

“Semula idenya adalah bagaimana kita bisa membuat film dengan kru dan lokasi yang terbatas untuk menyiasati situasi pendemi ini,” ungkap Alvin, dalam jumpa pers di Jakarta, baru-baru ini, dilansir tabloidbintang.com.

Alvin memilih untuk membuat film dengan menggunakan Zoom, yakni platform yang semakin akrab dengan masyarakat sejak penerapan sistem belajar dan bekerja dari rumah diberlakukan. Lewat media ini para penonton bisa berinteraksi langsung dengan para pemain saat film berjalan.

“Jadi kami bikin sesi live streaming. Para pemain standby di set sehingga mereka bisa menyapa penonton secara langsung. Artinya penonton juga terlibat dalam alur cerita,” jelas Alvin.

Tidak hanya berhenti di satu film, kolaborasi dengan Asosiasi Desa Kreatif Indonesia juga melahirkan sebuah program berkelanjutan dengan nama “One Village, One Movie”. Nantinya Dengar sebagai film interaktif akan berlanjut dalam bentuk series di sejumlah desa kreatif di Indonesia.

“Dengar akan berlanjut di Desa Destinasi Pariwisata Super Prioritas dalam Program One Village, One Movie. Ini adalah sebuah program kolaborasi kami dengan Kemenparekraf & Kemendes PDTT RI,” ujar Fikri El-Aziz, Ketua Asosiasi Desa Kreatif Indonesia sekaligus Co-Producer Dengar.

Baca Juga :  KIPRAH: 2 Bulan Lagi Aurel Hermansyah Sudah Bisa Jalani Program Hamil

Film Dengar mendapat sambutan hangat dari Kemenparekraf RI, Menteri Pariwsata & Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno. Adapun lima desa yang ditunjuk sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Wakil Menteri Desa PDTT RI, Budi Arie Setiadi, yang juga hadir dalam konferensi pers mendukung penuh kelanjutan kisah Dengar yang akan melaukan proses produksi di desa-desa.

“Ini adalah sebuah inovasi yang luar biasa dari generasi muda. Mewakili Kementeria Desa PDTT RI saya mendukung penuh langkah kreatif dari Dengar Movie untuk membuka lapangan kerja baru di Desa- Desa melalui pengembangan ekonomi kreatif,” Ujar Budi Arie Setiadi yang juga Ketua Dewan Pembina Asosiasi Desa Kreatif Indonesia. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Indramayu Saksikan Penganugerahan Gelar Kehormatan Profesor Megawati Soekarno Putri

Jum Jun 11 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Bupati Indramayu, Nina Agustina, secara langsung menyaksikan proses penganugerahan gelar kehormatan Profesor kepada Presiden RI ke – 5, Megawati Soekarno Putri oleh Universitas Pertahanan Indonesia (Unhas) di Ruang Indramayu Command Center, Setda Indramayu, Jum’at, (11/6/2021). Nonton bareng prosesi penganugerahan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri adalah […]