TPST Gedebage akan Segera Dimaksimalkan

Editor TPST Gedebage baru bisa mengolah sekitar 15 ton sampah dari target 60 ton sampah. /visi.news/diskominfo
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus mengupayakan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Gedebage lebih optimal dalam menangani sampah. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna saat meninjau TPST Gedebage, Kamis (4/1/2024).

Ia menyampaikan, saat ini TPST Gedebage baru bisa mengolah sekitar 15 ton sampah dari target 60 ton sampah.

Hal ini juga disebut karena pengolahan sampah organik dengan media maggot sudah berlangsung di level kelurahan. Akibatnya, maggot yang ada di TPST Gedebage pun kekurangan suplai makanan.

Oleh karena itu, pasar-pasar tradisional di wilayah Kordoba (Pasar Kordon, Pasar Ciwastra, Pasar Induk Gedebage, dan Kiaracondong) didorong mendistribusikan sampah organiknya ke TPST ini.

“Ada tiga pasar yang didorong mendistribusikan sampah. Supaya magot-magot di sini tidak kekurangan makanan,” ujarnya.

Selanjutnya, Pemkot Bandung juga mendorong Asosiasi Kafe dan Resto (AKAR) dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Bandung agar mengarahkan restoran-restoran Kota Bandung mendistribusikan sampah organik ke TPST Gedebage.

“Kalau semua kafe dan resto di Kota Bandung membuang sampah organiknya kan ini luar biasa,” kata Ema.

Adapun sampah anorganik di TPST Gedebage didistribusikan ke TPST Cicukang Holis. Selanjutnya, Pemkot Bandung juga akan bekerja sama dengan offtaker (pemasok kebutuhan industri) untuk mengolah sampah anorganik.

“Ada offtaker di Rancaekek, kami sedang proses kerja sama. Lalu di Palimanan juga, itu sedang proses perjanjian kerja sama,” terangnya.

“Jadi nanti organik selesai dengan maggot, anorganik selesai dengan offtaker,” tuturnya.

@uli

Baca Juga :  Kasus Presiden Moise Ditembak Mati: Libatkan Bos Paspampres Haiti

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Survei Utting Research Anies Dapat Saingi Prabowo di Hari Pemilihan, Ini Komentar Pengamat

Jum Jan 5 , 2024
Silahkan bagikan Menurut Utting Research, Prabowo Subianto, mengalami penurunan signifikan. #aminkanIndonesia VISI.NEWS | JAKARTA -Lembaga survei kredibel dari Australia yang berpengalaman menangani riset pemilu dan kampanye di Australia, Selandia Baru, Asia Pasifik, Amerika hingga Uni Eropa, Utting Research, menyoroti lonjakan dukungan pemilih yang mencolok (a notable surge) untuk kandidat Calon […]