Tujuh Caleg Dapil 1 yang Berpeluang Lolos ke DPRD Kabupaten Bandung

Editor Ilustrasi. /visi.news/kolase
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SOREANG – Pemilihan umum legislatif (Pemilu) 2024 telah berlangsung pada 14 Februari lalu. Hingga saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih melakukan proses penghitungan suara di tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

Salah satu daerah pemilihan (Dapil) yang menarik untuk diamati adalah Dapil 1 DPRD Kabupaten Bandung. Dapil ini meliputi Kecamatan Ciwidey, Kutawaringin, Pasirjambu, Rancabali, dan Soreang. Dapil ini memiliki tujuh kursi yang diperebutkan oleh 14 partai politik peserta pemilu.

Berdasarkan hasil hitung suara versi KPU per 19 Februari 2024 pukul 12.00 WIB, dari 1.701 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Dapil 1, baru 512 TPS yang telah masuk ke sistem informasi penghitungan suara (Situng) KPU. Ini berarti baru 30,10 persen TPS yang telah terhitung.

Dari data Situng KPU, tujuh partai politik yang berpeluang mendapatkan kursi di Dapil 1 adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat.

PKB menjadi partai politik dengan perolehan suara terbanyak di Dapil 1, yaitu 3.888 suara. PKB diprediksi akan mendapatkan dua kursi, dengan caleg terpilih adalah Hadiat, S.Pd.I. dan Ridwan.

Gerindra menempati posisi kedua dengan 4.712 suara. Gerindra juga berpotensi mendapatkan dua kursi, dengan caleg terpilih adalah Tatang Sudrajat, S.H.I. dan H. Didin Kamaludin.

PDIP berada di urutan ketiga dengan 2.307 suara. PDIP diperkirakan akan mendapatkan satu kursi, dengan caleg terpilih adalah Hen Hen Asep Suhendar.

Golkar menempati posisi keempat dengan 3.084 suara. Golkar juga berpeluang mendapatkan satu kursi, dengan caleg terpilih adalah Yasri Yusniarti, S.I.Kom.

Baca Juga :  Ganjar Minta Dukungan Masyarakat Taati Prokes Agar Penanganan Covid-19 Efektif

NasDem berada di urutan kelima dengan 2.374 suara. NasDem diperkirakan akan mendapatkan satu kursi, dengan caleg terpilih adalah Hj. Imas Yati Hadiyanti, S.H.

PKS menempati posisi keenam dengan 3.235 suara. PKS juga berpotensi mendapatkan satu kursi, dengan caleg terpilih adalah H. Gun Gun Gunawan, S.Si., M.Si.

Demokrat berada di urutan ketujuh dengan 2.686 suara. Demokrat diperkirakan akan mendapatkan satu kursi, dengan caleg terpilih adalah Dr. M. Akhiri Hailuki, S.I.P., M.Si.

Hasil hitung suara ini masih bersifat sementara dan belum final. KPU masih terus melakukan proses rekapitulasi dan verifikasi hasil penghitungan suara di setiap tingkatan. Hasil resmi pemilu legislatif 2024 akan diumumkan oleh KPU.

Menurut jadwal KPU rekapitulasi hasil penghitungan suara: Kamis, 15 Februari 2024 – Rabu, 20 Maret 2024

Penetapan Hasil Pemilu: paling lambat 3 (tiga) hari setelah putusan Mahkamah Konstitusi dibacakan jika terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu.

Jika pemilu berlangsung satu putaran maka sesuai jadwal, pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden dilakukan pada Minggu, 20 Oktober 2024. Sementara pengucapan sumpah/janji anggota DPR, DPD dilakukan pada Selasa, 1 Oktober 2024.

Berdasarkan jadwal penyelenggaraan yang dirilis KPU, penetapan rekapitulasi suara Pemilu Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 dilakukan paling lambat 20 Maret 2024.

Dengan demikian, seluruh masyarakat Indonesia baru bisa mengetahui hasil pemenang pemilu usai proses rekapitulasi tersebut selesai, yakni di penghujung Maret.

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dede Farhan: Perang Psikologi Warnai Konfigurasi Pesta Demokrasi

Sen Feb 19 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Perang dengan segala kepentingannya selalu mengoptimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki guna memenangkan peperangan secara efektif dan efisien, meskipun dalam prakteknya satu sama lain memiliki strategi yang sama atau berbeda sehingga memenangkan peperangan dalam waktu yang singkat bukanlah hal yang mudah. Di samping penggunaan berbagai […]