Uang Samin untuk Berhaji yang Dimangsa Rayap Dapat Pengganti Rp 20,220 Juta

Editor Samin bersama isterinya, Sri Kadarwati, menerima pengganti uang tabungannya yang hancur dimangsa rayap dari Kepala KPw BI Solo, Nugroho Joko Prastowo. /visi.news/istimewa
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SOLO – Uang persiapan ibadah haji hampir Rp 50 juta yang ditabung suami-isteri Samin dalam “celengan” plastik dan hancur gara-gara dimangsa rayap, akhirnya dapat diselamatkan sebesar Rp 20.220.000,-.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo, mengganti uang rusak yang dimakan rayap dengan uang baru emisi 2022, setelah selama 2 hari pada Selasa dan Rabu (13 dan 14/9/2022), melakukan rekonstruksi serpihan-serpihan uang pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000 agar dapat memenuhi syarat minimal luasan dua pertiga ukuran asli.

Kepala KPw BI Solo, Nugroho Joko Prastowo, menyatakan, uang pengganti senilai Rp 20.220.000 itu telah diserahkan kepada Samin bersama isterinya, Sri Kadarwati, pada Kamis (15/9/2022) kemarin.

“BI Solo sudah mengganti uang rusak yang dimakan rayap milik Samin dengan uang baru emisi 2022. Total senilai Rp 20.220.000. BI membantu mengidentifikasi dan merekonstruksi serpihan uang agar memenuhi persyaratan penukaran uang rusak, seperti tanda keaslian uang kertas yang masih dapat dikenali dan fisik uang dua pertiga dari ukuran aslinya,” kata Nugroho.

Dalam rekonstruksi serpihan uang pada Selasa (13/09/2022), jelasnya, BI berhasil menyelamatkan uang senilai Rp 9.910.000,- dan pada Rabu (14/09/2022) senilai Rp 10.310.000,-.
“Jumlah tersebut merupakan hasil optimal yang dapat dilakukan Bank Indonesia dalam membantu Bapak Samin,” sambungnya.

Menanggapi kasus yang menimpa Samin (53), Bank Indonesia Solo menghimbau masyarakat agar menabung dan menyimpan uang di perbankan atau di lembaga keuangan formal lain yang aman, baik di sisi risiko kerusakan fisik uang maupun dari risiko kehilangan uang.

Samin yang berprofesi sebagai penjaga sekolah dengan status tenaga kerja dengan perjanjian kerja (TKPK) atau tenaga kontrak, yang sehari-hari bekerja di Sekolah Dasar (SD) Negeri Loji Wetan, Kelurahan Kedunglumbu, uang tabungannya untuk persiapan ibadah haji yang dikumpulkan selama dua setengah tahun dan disimpan di “celengan” plastik, kedapatan hancur dimakan rayap.
Setelah menerima uang pengganti dari KPw BI Solo, Samin menyatakan menerima penggantian tersebut. Meskipun jumlah uang yang mendapatkan pengganti, jauh dari total uang yang dia tabung sebesar Rp 49.800.000,-,@tok

Baca Juga :  Catat! Besok Harbolnas di PLN Mobile 10.10 Gratis Ongkir Produk UMKM

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kuningan City Mall Hadirkan Program Jakarta Kulinary Edition

Jum Sep 16 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Sebagai the leading sports and F&B concept mall, Kuningan City Mall kembali menghadirkan program kuliner yang dikemas dalam Jakarta Kulinary Edition dengan mengusung tema Delicious Culinary. Dihelat mulai tanggal 12 September hingga 6 November 2022, Kuningan City Mall mengajak dan mengundang seluruh pecinta kuliner untuk […]