Ucapan Duka Mengalir untuk Proteo, Anjing Penyelamat Meksiko yang Tewas Saat Misi Penyelamatan Korban Gempa Turki

Editor Anjing penyelamat Meksiko Proteo terlihat setibanya di bandara di Adana, Turki, 8 Februari 2023./foto afp/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | TURKI – Penghormatan mengalir untuk Proteo, seekor anjing penyelamat Meksiko yang mati saat menyelamatkan nyawa di reruntuhan gempa dahsyat di Turki selatan.

Berita tentang German Shepard yang terlatih khusus datang pada Minggu malam dari Adıyaman, salah satu dari 10 kota yang terkena dampak gempa bumi.

Media lokal melaporkan bahwa anjing penyelamat militer yang bekerja bersama tim SAR Meksiko, telah membantu menyelamatkan setidaknya dua nyawa dari bawah reruntuhan, sebelum terluka parah saat menjalankan tugas.

Tagar #Proteo menjadi tren di Twitter di Türkiye Senin saat orang-orang memberikan penghormatan kepada anjing penyelamat.

Meksiko juga memberikan penghormatan kepada Proteo Senin setelah Menteri Pertahanan Luis Cresencio Sandoval mengumumkan kematiannya pada konferensi pers harian Presiden Andres Manuel Lopez Obrador.

“Sebagai anggota Angkatan Darat dan Angkatan Udara Meksiko, kami sangat sedih atas kehilangan rekan besar kami, anjing bernama Proteo,” kata Kementerian Pertahanan Nasional Meksiko (SEDENA) dalam sebuah pernyataan.

“Anda menyelesaikan misi Anda … terima kasih atas kerja heroik Anda,” kata militer di Twitter.

Tim penyelamat Meksiko di Turki berkumpul hari Minggu untuk berkabung dan memberi penghormatan kepada Proteo.

“Saya ingin mengatakan bahwa saya bangga kepada Anda karena Anda selalu kuat, pekerja keras, dan tidak pernah menyerah,” kata pelatih Proteo, Villeda, dalam pidato emosional dari daerah bencana.

“Yang bisa saya lakukan hanyalah berterima kasih karena telah membawa saya ke sini. Sayangnya, kamu tidak akan bisa kembali bersamaku, aku akan selalu mengingatmu. Saya harap seluruh Meksiko akan selalu mengingat Anda, mereka tidak akan pernah melupakan Anda. Kita akan bertemu lagi suatu hari nanti, ” katanya.

Proteo dinamai menurut Proteus, putra Poseidon dalam mitologi Yunani yang dipercaya dapat meramal masa depan.

Baca Juga :  Amuk Badai Salju Lumpuhkan AS, 18 Tewas, di Akhir Pekan Natal

Itu adalah salah satu dari lebih dari selusin anjing yang dikirim oleh Meksiko bersama dengan 130 personel militer setelah gempa berkekuatan 7,7 dan 7,6 yang menewaskan lebih dari 35.000 orang.

Anjing penyelamat terkenal Meksiko dilatih oleh Kementerian Pertahanan dan militer. Mereka diberi mikrocip pada usia 3 bulan sebelum menjalani pelatihan ekstensif dari usia 4 bulan hingga 1 tahun, setelah itu mereka ditugaskan ke spesialisasi yang berbeda, termasuk penyelamatan bencana alam. @fen/afp/dailysabah.com

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pembangunan Rumah Tahfiz di Ciparay Dimulai, Bupati Bandung Ingatkan Hafal 1 Juz Bisa Kuliah Gratis

Sab Feb 18 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | CIPARAY – Bupati Bandung HM Dadang Supriatna melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pondok Tahfidz Qur’an Mesjid Mujahidin di Kampung Sukamaju RT 03/RW 10 Desa Pakutandang, Kec Ciparay, pada Jumat (17/2/2023). Pada kegiatan ini, Bupati Bandung turut memberikan bantuan uang sebesar Rp 50 juta dan dua unit AC, […]