UIN Sunan Gunung Djati Bandung Gelar Seminar Penguatan SDM Pendidikan di Yayasan Al-Misbah

Editor Program Studi MPI S2 Fakultas Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan kegiatan PkM di Yayasan Pendidikan Al-Misbah, Cipadung, Bandung. /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) S2 Fakultas Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Yayasan Pendidikan Al-Misbah, Cipadung, Bandung, belum lama ini. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penguatan sumber daya manusia pendidikan yang berkualitas dan profesional.

Seminar yang mengusung tema “Culture of Educational Institutions Builds a Career Generation of LEADER” ini dihadiri oleh sekitar 100 peserta yang terdiri dari guru, kepala sekolah, pengawas, dan komite sekolah di lingkungan Yayasan Pendidikan Al-Misbah.

Seminar ini dibuka oleh Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan Islam S2 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Karman, M.Ag. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Beliau juga mengapresiasi kerjasama antara UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan Yayasan Pendidikan Al-Misbah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta, khususnya dalam meningkatkan kompetensi dan kinerja sebagai sumber daya manusia pendidikan yang profesional. Kami juga berharap kegiatan ini dapat menjadi awal dari kerjasama yang lebih intensif dan berkelanjutan antara UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan Yayasan Pendidikan Al-Misbah,” ujar Dr. Karman.

Seminar ini menghadirkan tiga pemateri yang merupakan dosen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam S2 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yaitu Prof. H.M. Dr. Rusdiana, M.M., Dr. Habiyallah, M.Ag., dan Dr. H. Tatang Ibrahim, M.Ag.

Mereka memaparkan materi tentang konsep dan strategi manajemen pendidikan yang Islami, peran dan tanggung jawab guru dalam dunia pendidikan, serta tantangan dan solusi dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

Baca Juga :  Wow! Jeruk Makan Jeruk, Oknum Polisi Curi Motor Polisi

Para peserta seminar tampak antusias mengikuti paparan dan diskusi yang disampaikan oleh para pemateri. Mereka juga berkesempatan untuk bertanya dan berbagi pengalaman terkait dengan isu-isu yang berkaitan dengan manajemen pendidikan. Salah satu peserta seminar, Ibu Siti, yang merupakan guru di MTs Al-Misbah, mengaku mendapatkan banyak ilmu dan inspirasi dari seminar ini.

“Saya merasa terbantu dengan adanya seminar ini. Saya mendapatkan banyak pengetahuan dan wawasan baru tentang manajemen pendidikan yang Islami. Saya juga mendapatkan motivasi dan semangat untuk terus belajar dan berinovasi dalam mengajar dan mendidik siswa saya,” ungkap Ibu Siti.

Kepala MTs Al-Misbah, Bapak Iing Nasruddin, S.Ag., M.Pd., juga menyatakan apresiasinya atas terselenggaranya seminar ini. Beliau berharap seminar ini dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di Yayasan Pendidikan Al-Misbah.

“Kami sangat berterima kasih kepada UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang telah mengadakan kegiatan PkM ini di tempat kami. Kami merasa terhormat dan senang bisa bekerja sama dengan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kami berharap kegiatan ini tidak berhenti di sini saja, tetapi dapat dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan lain yang lebih bermanfaat lagi,” tuturnya

Seminar ini merupakan salah satu kegiatan PkM yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam S2 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kegiatan ini diinisiasi dan dipimpin oleh Carni Trisnawati, yang merupakan mahasiswa semester tiga. Selain Carni, ada 14 mahasiswa lain yang terlibat dalam kegiatan ini, yaitu Aida Karimah PS, Aldiansyah, Asti Nurul Diani, Asep Nurmubaroq, Daris, Budiman Iskandar, Dewi, Dikdik, Ikeu, Ipan, Muslikhin, Dzikri, Alfiyah, dan Fitri Hasanah.

Baca Juga :  Sebulan Dipimpin Gibran, Solo Dibanjiri Kedatangan Menteri

Carni kepada VISI.NEWS, Minggu (28/1/2024), mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengaplikasian ilmu yang didapat di kampus. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu terselenggaranya kegiatan ini.

“Kami sangat bersyukur dan bangga bisa melaksanakan kegiatan ini. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan di Indonesia, khususnya di Yayasan Pendidikan Al-Misbah. Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu kami, baik dari pihak kampus maupun dari pihak yayasan. Semoga Allah SWT memberikan balasan yang terbaik bagi kita semua,” pungkas Carni.

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Persib U16 Akui Keunggulan Borneo FC 0-2

Ming Jan 28 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SAMARINDA – Persib U-16 harus mengakui keunggulan Borneo FC 0-2 pada pertandingan pertamanya di Grup Y babak 8 besar Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 2023/2024 di Borneo FC Training Centre, Samarinda, Sabtu (17/1/2024). Dua gol Borneo FC dibuat M. Reyza (20) dan Ali Rasyid (50). Pelatih […]