Uji Calon Kapolri: Komjen Sigit, Beberapa Polsek Tak Dibebani Penegakan Hukum, Fokus Melayani

Editor :
Komjen Listyo Sigit Prabowo mengikuti fit and proper test calon Kapolri di Komisi III DPR./dok. dpr/via detik.com/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan tugas kepolisian sektor atau polsek di tingkat kecamatan tidak lagi dibebani tugas penegakan hukum. Tugas polsek ke depannya yakni mengurusi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas).

“Menjadikan polsek sebagai basis resolusi dengan memprioritaskan kegiatan harkamtibmas sehingga ke depan di beberapa polsek tertentu, tidak lagi kita bebankan tugas penyidikan sehingga di polsek-polsek tersebut nantinya hanya dibebani tugas preemtif dan preventif dan juga penyelesaian-penyelesaian masalah dengan restorative justice,” ujar Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri di ruangan Komisi III DPR, Jakarta, Rabu (20/1/2021), seperti dilansir detik.com.

Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan, tugas penegakan hukum di beberapa wilayah akan ditarik di tingkat kepolisian resor (polres) atau di tingkat kabupaten/kota. Komjen Listyo Sigit Prabowo berharap, polsek ke depannya bisa lebih dekat dengan masyarakat.

“Untuk penegakan hukum, di wilayah-wilayah tertentu secara bertahap akan ditarik ke tingkat polres sehingga demikian kami harapkan sosok polsek di era ke depan akan lebih dekat dengan masyarakat karena mereka melakukan upaya-upaya yang bersifat pencegahan,” kata Komjen Listyo Sigit Prabowo.

“Melakukan upaya-upaya pemecahan masalah dengan musyawarah, dengan kegiatan yang bersifat restorative justice, dan hal-hal yang tentunya mengutamakan kegiatan-kegiatan yang menghindari penegakan hukum,” ujar Komjen Sigit Listyo Sigit Prabowo.

Program ini merupakan transformasi organisasi Polri yang disampaikan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri. Salah satu programnya adalah penguatan polsek dan polres sebagai lini terdepan pelayanan Polri.
@fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

RS Polri Terima 324 Kantong Jenazah SJ 182, 40 Diidentifikasi

Rab Jan 20 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, telah menerima 324 kantong jenazah korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182 hingga Rabu (20/1/2021). Komandan Disaster Victim Identification (DVI) Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri Kombes Hery Wijatmoko menerangkan, hingga saat ini pihaknya masih mengidentifikasi para korban. “Total body part, body […]