Umat Kristen Israel Kecam Pernyataan Macron yang Hina Islam

Editor Ilustrasi/ihram.co.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Kritik dan kecaman terhadap ucapan Presiden Prancis Emmanuel Macron terus bermunculan. Kali ini datang dari umat Kristiani di Yerusalem, Israel. 

Patriark Ortodoks Yunani Yerusalem, Theophilos III, Ketua Dewan Pimpinan Gereja Tanah Suci, mengutuk penghinaan Prancis terhadap Islam dan Nabi Muhammad.

Dalam sebuah pernyataan, Patriark itu mengatakan dirinya sangat prihatin dengan keadaan dan perkembangan polarisasi akibat politik internal di Prancis.

Dia menekankan kecamannya terhadap Prancis atas penghinaan terhadap agama Islam sama seperti kecamannya yang lain jika penghinaan seperti itu menimpa salah satu agama monoteistik lainnya.

Theophilos III juga mengutuk semua tindakan kekerasan yang menargetkan mereka yang berbeda pendapat atau keyakinan agama.

Ia menyerukan dialog yang beradab menjadi satu-satunya metode interaksi untuk mengurangi kesenjangan intelektual dan ideologis antara agama dan ideologi yang berbeda.

Pada 2 Oktober, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengumumkan rencana kontroversial untuk mengatasi apa yang dia sebut “separatisme Islam” di Prancis, mengeklaim bahwa agama Islam berada dalam “krisis” di seluruh dunia dan berjanji untuk “membebaskan Islam di Prancis dari pengaruh asing”.

Minggu lalu, Macron membela kartun yang menghujat Nabi Muhammad, dan mengatakan Prancis tak akan menyerah soal kartun penghinaan tersebut —setelah pembunuhan brutal seorang guru SMP Samuel Paty, yang menunjukkan karikatur provokatif di sebuah kelas.

Setidaknya 73 masjid, sekolah swasta, dan perkantoran di Prancis ditutup sepanjang tahun ini, menurut Kementerian Dalam Negeri Prancis. Prancis adalah negara yang memiliki minoritas Muslim terbesar di Eropa Barat dengan sekitar 5 juta jiwa. @fen/ihram.co.id

Baca Juga :  Lacak Corona, Jabar Gencarkan Tes di Instansi Pemerintah

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

AC Milan vs Sparta Praha: Ibrahimovic Gagal Penalti, I Rossoneri Menang

Kam Okt 29 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – AC Milan kembali ke jalur kemenangan. Setelah bermain imbang di Serie A pada akhir pekan, mereka mengamuk di Liga Europa dengan menaklukkan Sparta Praha dengan skor 3-0, Jumat (30/10/2020). Terlihat sekali perbedaan kelas antara AC Milan dengan Sparta Praha pada laga kali ini. Tuan rumah benar-benar membuat […]