UMRAH: Biaya Naik, Jemaah Tetap Antusias

Ilustrasi Kakbah dan kaum muslim tengah beribadah./istimewa/via republika.co.id
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Ibadah umrah untuk jemaah internasional sudah dibuka Kerajaan Arab Saudi pada 1 November 2020. Sayangnya, ada biaya tambahan dalam perjalanan ibadah tersebut. Meski begitu kenaikan biaya tidak membuat para jemaah menjadi enggan untuk melaksanakan umrah saat pandemi.

Menurut Ketua Umum Pengawas Haji dan Umrah, Mahfudz Djaelani adalah animo masyarakat Indonesia sangat tinggi menyambut adanya pelaksanaan umrah pada pandemi. Sehingga, kemungkinan biaya yang naik tidak dipermasalahkan dan ia menilai sebagai hal yang wajar.

“Wajar saja ada kenaikan biaya umrah. Karena pemerintah Arab Saudi hanya memperbolehkan penginapan hotelmya bintang 5 bukan bintang 3 lagi,” ujar Mahfudz saat dikonfirmasi, Kamis (5/11/2020), seperti dilansir ihram.co.id.

Yang menjadi masalah, kata dia, ada peraturan umur yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi. Yakni hanya memperbolehkan jemaah berusia 18 hingga 50 tahun.

“Sekarang ini umur juga ketat dari 18 sampai 50 tahun. Kayak saya enggak boleh umrah. Kecuali ada undangan dari raja Arab Saudi. Itu sangat berat. walaupun bisa diakalin, tapi sangat berat,” ujar dia.

Terlebih para jemaah yang di bawah 18 tahun juga banyak yang diajak umrah oleh orang tuanya. Sehingga peraturan pembatasan umur menjadi yang diberatkan saat ini.

“Ini sangat berat. Apalagi yang umurnya lebih dua hari saja, itu kan jadi enggak bisa buat visa,” kata dia.

Bagi para calon jemaah yang tidak terima adanya kenaikan biaya haji, mereka bisa menunda atau dengan meminta biaya umrah kembali.

“Itu bisa diambil minta ke travelnya. Kalau dia sudah bayar bisa dikembaliin uangnya. Kalau mereka (travel) enggak mau kembalikan, ya laporin saja,” ucap dia. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Usai Pimpin Rapat, Ketua Majelis Hakim MTQ Nasional Meninggal Dunia

Ming Nov 15 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Ketua Majelis Hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XXVIII Rizali M Noor dikabarkan meninggal dunia Ahad (15/11/2020) kemarin. Rizali meninggal usai memimpin rapat dewan hakim di Masjid Al Hakim, Padang. “Beliau mengembuskan napas terakhirnya pukul 10.30 WIB. Atas nama panitia, kami ucapkan duka mendalam,” kata […]