UNS Berduka, Gara-gara Covid 3 Dosen dan 1 Tendik Meninggal 23 Lainnya Dirawat

Editor :
Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, memberikan keterangan pers secara daring tentang meninggalnya 3 dosen dan seorang tenaga non-kependidikan akibat tertular Covid -19./visi.news/istimewa.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berduka, menyusul meninggalnya 3 orang dosen, yaitu Didiek Sri Wiyono ST, MT, dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Dr. dr. M. Arief Taufiqurrahman, dosen Fakultas Kedokteran (FK), Ir. Mediyanto, MT, dosen Fakultas Teknik (FT), dan seorang tenaga kependidikan (Tendik), Maretta Elly Susilowati, SE, Subkoordinator Akademik Fakultas Ilmu Budaya (FIB) belum lama ini.

Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, secara terbuka menyatakan, ketiga dosen dan seorang tenaga non-kependidikan tersebut, meninggal akibat tertular virus ganas Covid -19.

Menanggapi musibah tersebut, pada Kamis (17/6/2021) malam, sivitas akademika UNS menggelar doa bersama secara daring yang dipimpin Arifuddin, Lc., MA, dosen Sastra Arab FIB dan diikuti para dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, serta anggota Dharma Wanita.

Selain 4 orang yang meninggal tersebut, menurut Prof. Jamal, hampir di semua fakultas dan unit kerja dilaporkan ada dosen dan tenaga kependidikan yang dikonfirmasi positif Covid-19.

Berdasarkan laporan fakultas dan unit kerja tersebut, sementara tercatat sebanyak 23 orang yang terkonfirmasi positif Covid- 19 dan dirawat di rumah sakit, di antaranya di Fakultas Pertanian (4 kasus), di bagian Perencanaan, Perpustakaan, dan Sekolah Vokasi (1), di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (3), 2 di Fakultas Hukum (2), di FMIPA (4), 2 kasus di FT, di FKIP (2), di RS UNS (3), dan di FK (2).

“Berdasarkan laporan yang saya terima Kamis (17/6/2021), tepatnya pukul 18.00 WIB, hampir setiap fakultas di UNS ada yang terpapar Covid-19. Karena angka kasus Covid-19 di lingkungan UNS tinggi, seluruh jajaran pimpinan UNS sepakat mengambil langkah pembatasan aktivitas kampus, dari tanggal 18 Juni 2021 sampai 25 Juni 2021,” katanya kepada wartawan, Jumat (18/6/2021).

Baca Juga :  Piala Menpora di Si Jalak Harupat Hari ini: Persik vs PSS, Madura United vs Persela

Peraturan rektor dalam Surat Edaran No. 2185/UN 27/ TU/ 2021, menyebutkan, pembatasan aktivitas kampus meliputi pembelajaran yang seluruhnya dilaksanakan secara daring, pembatasan jumlah pegawai kedinasan, dan peminimalan acara rapat secara tatap muka.

Selain pembatasan aktivitas, Rektor UNS juga menekankan agar aktivitas akademik ditekan seminimal mungkin. Seluruh fasilitas umum, seperti sarana olahraga, tempat ibadah, dan prasana lainnya, baik bagi sivitas akademika maupun masyarakat di lingkungan UNS, dinyatakan ditutup sementara.

Menanggapi meninggalnya 3 dosen yang terpapar Covid 19, Prof. Jamal Wiwoho, menyatakan, ketiga dosen tersebut merupakan orang-orang hebat.

“Dr. dr. M. Arief Taufiqurrahman, dosen hebat, dosen baik, dosen yang amat menyenangkan dan sering tampil di layar televisi. Almarhum Didiek Sri Wiyono, dosen FMIPA yang saat ini belajar S3 di Inggris juga orang hebat. Dia merupakan aktivis keagamaan yang luar biasa dan di Inggris menjadi ketua cabang Nahdhatul Ulama. Kapasitasnya sebagai intelektual muda tidak diragukan lagi,” jelas Prof. Jamal.

Sedangkan almarhum Ir. Medianto, juga disebut Prof. Jamal sebagai dosen hebat di Fakultas Teknik. Dia termasuk dosen yang energik, penuh vitalitas, dan menginspirasi dosen-dosen muda.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Ahmad Yunus, ketika memandu doa bersama, menjelaskan, acara ritual tersebut bertujuan mengirim doa bagi empat keluarga UNS yang telah berpulang, yaitu Didiek Sri Wiyono ST, MT, Dr. dr. M. Arief Taufiqurrahman, Ir. Mediyanto, ST, MT dan Maretta Elly Susilowati, SE.

Doa bersama diawali dengan pembacaan ayat suci al Quran oleh mahasiswa Fakultas Teknik UNS, Muhammad Hadziq Munajih. Pembacaan doa dipimpin Arifuddin, Lc., MA, dosen dari Sastra Arab FIB UNS, yang didahului dengan tausiah singkat. @tok

Baca Juga :  Marak Peredaran Obat Corona, YLKI: Pejabat Publik Beri Contoh Membodohkan

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Huawei Rilis Buku Putih AR, Elaborasikan Keunggulan-Keunggulan 5G + AR

Sab Jun 19 , 2021
Silahkan bagikanmoreVISI.NEWS – Pada gelaran Huawei Better World Summit untuk 5G + AR, Huawei Carrier BG Chief Marketing Officer Bob Cai menyampaikan pidatonya bertajuk ‘5G + AR, Turning Dreams into Reality.’ Dalam pidatonya itu, Cai menuturkan bahwa 5G ke depan akan menghidupkan teknologi AR (Augmented Reality) dan begitu pula sebaliknya, […]