UNS Manfaatkan Asrama Mahasiswa untuk Isoman Sivitas Akademika dan Masyarakat

Editor Gedung E Asrama Mahasiswa UNS yang dimanfaatkan sebagai "Rumah Sehat 2" untuk isoman sivitas akademika dan masyarakat yang terpapar Covid - 19/visi.news/tok suwarto
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo memanfaatkan salah satu unit bangunan asrama mahasiswa di kawasan Kampung Ngoresan, sebagai “Rumah Sehat” untuk isolasi mandiri (Isoman) sivitas akademika UNS maupun warga sekitar yang positif Covid -19, baik tanpa gejala maupun yang bergejala ringan tanpa komorbid.

“Rumah Sehat” di Gedung E Asrama Mahasiswa UNS tersebut, merupakan yang kedua setelah sebelumnya pada Januari 2021 lalu UNS memanfaatkan Gedung Merc di komplek Rumah Sakit (RS) UNS, kawasan Pabelan, Kartasura, sebagai “Rumah Sehat 1” untuk isoman sivitas akademika UNS dan masyarakat warga Kabupaten Sukoharjo.

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho, ketika meresmikan pembukaan “Rumah Sehat 2 UNS”, Rabu (28/7/2021), menjelaskan, di “Rumah Sehat 2” Asrama Mahasiswa UNS disediakan sebanyak 114 kamar yang 10 kamar di antaranya ber-AC, seluruhnya berisi 228 tempat tidur, dilengkapi 2 kamar mandi tiap kamar.

“Rumah Sehat” di Gedung E Asrama Mahasiswa UNS/visi.news/tok suwarto

Para penderita Covid – 19 yang isoman di asrama mahasiswa mendapat fasilitas makan 3 kali, multivitamin, wifi, TV, sarana olah raga, area berjemur di lapangan yang luas, taman serta alat memasak.
“Rumah Sehat 1 yang berada di kompleks RS UNS dimanfaatkan untuk isoman warga Sukoharjo dan sivitas akademika UNS. Sedangkan Rumah Sehat 2 di kompleks asrama mahasiswa diprioritaskan untuk mahasiswa dan keluarga besar UNS, serta warga di wilayah Jebres dan sekitarnya sebagai bentuk CSR dari UNS,” ujar Prof. Jamal.

Menyinggung mekanisme untuk menempati “Rumah Sehat 2UNS”, kata rektor, UNS membentuk Satgas penanganan Covid-19. Bagi sivitas akademika yang dinyatakan positif Covid-19 tanpa gejala atau dengan gejala ringan tanpa komorbid, diminta menghubungi Satgas.
“Sedangkan untuk warga masyarakat, bisa menghubungi RT atau RW setempat. Pemanfaatan rumah sehat 1 dan 2 UNS untuk isolasi mandiri bagi para penderita Covid-19, tanpa dipungut biaya alias gratis. Itu sebagai bentuk solidaritas sosial dari UNS,” tandasnya.

Baca Juga :  Lutut Zlatan Ibrahimovic Akan Dijadikan Bahan Penelitian

Dalam pembukaan “Rumah Sehat 2” yang dihadiri Pembukaan Rumah Sehat 2 UNS dihadiri Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM) UNS, Prof. Bandi, Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Kuncoro Diharjo, Direktur RS UNS, Prof. Hartono, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta, dr. Siti Wahyuningsih, Rektor UNS, menekankan, upaya terpenting dalam mencegah meluasnya penyebaran Covid – 19 adalah melalui kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
Prof. Jamal mengingatkan, menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, melakukan vaksin dan menghindari kerumunan, harus menjadi kebiasaan setiap orang agar tidak terjadi penularan Covid – 19.@tok

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

The Westin Surabaya Hadirkan Kue Bulan Pertengahan Musim Gugur untuk Pertama Kalinya Bersama Chef William Sun

Rab Jul 28 , 2021
Silahkan bagikan  The Westin Surabaya merayakan Festival Pertengahan Musim Gugur dengan menawarkan set hadiah kue bulanyang di buat khusus oleh Chinese Executive Chef William Sun VISI.NEWS – The Westin Surabaya menyambut perayaan Pertengahan Musim Gugur untuk pertama kalinya dengan Kue Bulan khusus yang dibuat oleh Chef William Sun, dengan kreasi […]