Untuk Ketahanan Pangan, Satgas Citarum Harum Tanam Hortikultura dan Sayuran

Editor 1 Sertu Muhidin dan mitra kerja gober sedang merealisasikan gerakan penanaman jagung dan mentimun, Sabtu(18/7)./visi.news/budimantara.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Untuk mendukung program ketahanan pangan di daerah, Satgas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya Subpos Desa Sukamaju, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, melaksanakan penanaman hortikultura varietas jagung dan sayuran mentimun, Sabtu (18/7).

Penanaman melibatkan gober sebagai mitra kerja. Sebelum penanaman, disemprotkan cairan Bios 44 untuk menyuburkan lahan, tiga hari sebelum penanaman.

Satgas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya Subpos Desa Majalaya dan Desa Sukamaju Sertu Muhidin mengatakan, gerakan penanaman jagung dan mentimun ini untuk mendukung program ketahanan pangan yang digulirkan pemerintah. Mengingat kebutuhan pangan tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia.

“Kebetulan di RW 02 Desa Sukamaju ini ada lahan kosong milik salah satu perusahaan. Atas seizin pemilik lahan, kita berinisiatif melakukan pengolahan lahan kemudian dilakukan penanaman jagung dan mentimun,” kata Sertu Muhidin kepada VISI.NEWS di lokasi.

Ia mengatakan, memanfaatkan benih tanaman hortikultura, khususnya sayuran mentimun berusia pendek supaya hasilnya bisa cepat dipanen dan hasilnya segera bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Tanam mentimun itu diperkirakan berusia tanam satu bulan, ketika menghasilkan mentimun bisa langsung dipetik. Namun untuk tanaman jagung diperkirakan berusia tiga bulan dan hasilnya baru bisa dipetik,” kata Sertu Muhidin.

Untuk tahap awal pengolahan atau pemanfaatan lahan kosong yang semula ditumbuhi rumput ilalang itu, katanya, hanya mencapai beberapa ratus meter persegi. Lokasi lahannya pun masih tersedia air baku untuk penyiraman tanaman tersebut yang tidak terlalu membutuhkan banyak air.

“Setelah selesai penanaman hortikultura dan sayuran di lokasi lahan tersebut, kita pun akan memperluas area untuk pengembangan tanaman tersebut. Semakin luas lahan yang ditanami hortikultura dan sayuran, akan semakin kuat dalam ketersediaan pangan,” kata Sertu Muhidin.

Baca Juga :  Universitas Multimedia Nusantara dan WIR Group Kolaborasi Kembangkan Metaverse

Ia pun mengajak masyarakat untuk sama-sama memanfaatkan lahan kosong guna mendukung program ketahanan pangan.

“Jika ketersediaan pangan tercukupi, negara pun akan kuat. Mari kita manfaatkan lahan untuk kegiatan produktif, yang menguntungkan bagi kita semua. Pasalnya, pangan merupakan sumber kehidupan kita semua,” katanya.

Dikatakan Sertu Muhidin, semakin banyak lahan produktif, khususnya untuk progran penghijauan, lingkungan pun akan lestari.

“Jadi untuk mempertahankan kebutuhan pangan sehari-hari kembali kepada inisiatif maupun kreatifitas kita dalam memanfaatkan lahan untuk pertanian. Ada kemauan dan mau kerja keras, insyaallah ada hasil terbaik. Makanya, ayo kita manfaatkan lahan kosong untuk kepentingan pertanian guna mendukung program ketahanan pangan,” tuturnya. @bud

Fendy Sy Citrawarga

One thought on “Untuk Ketahanan Pangan, Satgas Citarum Harum Tanam Hortikultura dan Sayuran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Update Corona 18 Juli: 84.882 Positif, 43.268 Sembuh, 4.016 Meninggal

Sab Jul 18 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia bertambah sebanyak 1.752 orang pada Sabtu (18/7) sehingga total menjadi 84.882 orang. Dari total jumlah tersebut, 43.268 orang di antaranya sembuh dan 4.016 orang meninggal dunia. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan angka tersebut dihimpun Gugus Tugas […]