Update Corona 5 September: Hari ini Kasus Positif Bertambah 3.128, Total 190.665 Positif

Editor :
Petugas medis melaksanakan tes swab./cnn indonesia/safir makki.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia mencapai 190.665 pada Sabtu (5/9). Jumlah ini bertambah 3.128 kasus baru dibanding hari sebelumnya. Sebanyak 30.640 spesimen yang dilakukan tes.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 136.401 di antaranya dinyatakan sembuh, sementara 7.940 orang meninggal dunia karena terinfeksi virus corona.

Jumlah pasien yang sembuh bertambah 2.220 dibanding hari sebelumnya. Sedangkan jumlah pasien yang meninggal dunia pun bertambah, yakni 108 orang.

Melansir CNN Indonesia, berdasarkan data yang tercantum dalam situs kemkes.go.id, sejauh ini ada 86.778 pasien suspek corona per Sabtu (5/9).

Sehari sebelumnya, Jumat (4/9), kasus positif virus corona mencapai 187.537 kasus, dengan 134.181 orang di antaranya dinyatakan sembuh, dan 7.832 orang meninggal dunia.

Kasus positif virus corona di Indonesia masih terus bertambah dari hari ke hari. Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa tidak ada wilayah yang aman di Indonesia meski zona hijau sekalipun.

Meski demikian, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pandemi Covid-19 di Indonesia masih relatif terkendali dibandingkan dengan negara lain.

Terbaru, Epidemiolog Universitas Indonesia Pandu Riono menyarankan pemerintah agar lekas menerapkan lockdown lantaran jumlah kasus sudah lebih dari 180 ribu. Menurutnya, langkah itu tepat jika ingin benar-benar menekan laju penularan virus corona.

Kementerian Kesehatan menilai tak perlu lagi ada pembatasan sosial berskala besar (PSBB) karena hanya akan memicu resesi ekonomi.

Sementara Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Abdul Kadir mengatakan masyarakat tidak perlu takut dinyatakan positif Covid-19. Sebab, tak semua yang terdampak memiliki gejala.

Pemerintah mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, terutama ketika beraktivitas di area publik. Hal ini guna menekan laju penularan virus corona.

Protokol kesehatan yang dimaksud antara lain rajin mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan memakai masker. Hal-hal tersebut bisa meminimalisasi penularan virus corona. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kader PDIP Surabaya Konvoi, Bawaslu Sebut Bukan Pelanggaran

Sab Sep 5 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Ketua Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Surabaya, Agil Akbar mengatakan konvoi massa pendukung Eri Cahyadi-Armuji saat mendaftar ke KPU Surabaya tidak termasuk pelanggaran meski mengabaikan protokol pencegahan virus corona (Covid-19). Menurut Agil, hal itu belum bisa disebut pelanggaran karena Eri Cahyadi-Armuji baru mendaftar atau belum resmi menjadi […]