Vaksin Oral dan “Booster” Antibodi Covid-19: B. Subtilis Spores, Sebuah Terobosan Bioteknologi dari DreamTec

DreamTec Dr. Kwong. /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | HONGKONG – Vaksin telah menjadi topik hangat sejak wabah virus korona merebak dua tahun lalu, maka, DreamTec Research Limited membuat terobosan dalam pengembangan vaksin oral Covid-19.

Karya ilmiah dengan telaah sejawat yang baru diterbitkan jurnal kedokteran internasional Vaccines tentang spora Bacillus subtilis (B. Subtilis) menunjukkan, spike protein receptor binding domain (sRBD) SARS-CoV-2 pada permukaan B. Subtilis dapat menghasilkan antibodi penetralisasi virus.

DreamTec pun melakukan riset uji coba untuk vaksin oral Covid-19 yang mampu memicu respons imun pada tikus dan relawan manusia tanpa efek samping.

“Kami siap membuat vaksin oral Covid-19 yang aman, efektif, dan mudah diberikan kepada manusia,” ujar Dr. Kwong, Chief Scientific Officer, DreamTec. Penggunaan booster antibodi B. Subtilis telah menarik perhatian dunia sebab booster ini dapat disimpan di suhu ruangan dan tetap stabil sampai minimum enam bulan. Hal ini telah dikutip media asal Inggris Clinical Trials Arena. Dr. Kwong menambahkan, spike protein tidak memasuki aliran darah.

“Mengingat vaksin biasa menjadi kurang efektif setiap munculnya varian virus baru, Dr. Kwong berkata, “Kami membuat konstruksi vaksin ini dalam hitungan bulan. Jadi, jika dibutuhkan, kami dapat melakukan hal yang sama pada masa mendatang dengan varian-varian SARS-CoV-2 potensial lain, seperti Omicron.”

“Kami ingin melibatkan mitra-mitra industri dalam uji praklinik guna mengevaluasi tingkat keamanan vaksin ini pada manusia,” jelas Dr. Kwong. DreamTec berharap, booster antibodi oral ini dibuat dalam bentuk kapsul yang mengandung miliaran spora B. Subtilis. Spora transgenik lalu dilepaskan dalam usus kecil sebagai tempat respons mukosa untuk imun tertentu dihasilkan tubuh. Hal tersebut mendukung pendekatan yang aman dan efektif bagi orang-orang yang telah divaksinasi untuk memperoleh perlindungan imun tambahan terhadap SARS-CoV-2.

Baca Juga :  Dukungan Profesi Akuntansi bagi Indonesia untuk Mencapai Tujuan Nol Karbon Bersih

Didirikan Dr. Kwong Wai Yeung, DreamTec adalah perusahaan bioteknologi yang mengembangkan bioteknologi mutakhir, termasuk ekspresi protein rekombinan penting, RNA, dan pengembangan sel punca.@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Abah Anton Charliyan Dukung Pembentukan Perda Anti Radikalisme dan Intoleransi di Garut

Kam Jan 6 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Menyikapi adanya aksi ribuan masyarakat Kabupaten Garut yang mendatangi gedung DPRD Kabupaten Garut, pada hari Rabu (5/1/21) kemarin yang ditenggarai lantaran resah dengan semakin fulgarnya eksistensi organisasi yg ingin mendirikan Negara Islam Indonesia (NII),  mantan Kapolda Jabar Abah Anton Charliyan menilai bahwa permintaan warga Garut […]