Vaksinasi di Kabupaten Garut Akan Dimulai Serentak Senin (1/2/21)

Editor Bupati Garut Saat Zoom meeting dengan Menteri Kesehatan dan Mendagri. Usai Zoom meeting, bupati memberikan keterangan persnya./visi.news/yayat r.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Vaksinasi secara serentak di seluruh kecamatan di Kabupaten Garut akan dilakukan Senin (1/2/2021).

Demikian dikatakan Bupati Garut Ruddy Gunawan, usai melakukan Zoom Meeting bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, Jum’at (29/1/2021).

Dikatakan bupati, pihaknya sudah menerima arahan dari menteri kesehatan juga menteri dalam negeri tentang vaksin. Di antaranya, Pemkab Garut akan melakukan vaksinasi secara serentak di seluruh kecamatan mulai Senin (1/2/21). Sementara vaksin yang sudah diterima baru 6.000.

Adapun mekanisme pelaksanaan vaksinasi di setiap daerah, kata bupati, menjadi tanggung jawab pemimpin daerah masing-masing. Sesuai dengan instruksi dan arahan dari mendagri.

Bupati wajib mengendalikannya, sebab katanya program vaksinasi ini melibatkan
TNI, Polri, dan pimpinan daerah. Sementara di depannya adalah kadis (kepala dinas) kesehatan.

Lebih jauh bupati mengatakan, dia siap untuk divaksin. Namun tentunya tetap memperhatikan hasil screening yang dilakukan pihak tenaga kesehatan. Terutama tekanan darah, harus dalam keadaan normal.

Selain tenaga kesehatan dan pimpinan daerah, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), influencer, serta perwakilan tokoh agama pun akan divaksin Senin nanti.

Namun ditegaskan bupati, yang pertama di vaksin adalah Forkopimda dan influencer. Sementara perwakilan tokoh masyarakat dan sebagainya akan dilaksanakan esok harinya atau hari kedua.

Sementara Dinas Kesehatan Kabupaten Garut sudah menyiapkan tempat pelaksanaan vaksinisasi Covid-19 di 67 puskesmas, 6 rumah sakit dan 26 klinik. Dengan sasarannya, puskesmas 3.963 sasaran, rumah sakit 2.652 sasaran, dan klinik 963 sasaran.

Selain menyiapkan tempat untuk vaksinasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut pun sudah menyiapkan sarana penyimpanan vaksin, terdiri dari 80 refrigator dan 100 vaccine carrier, dan 12.200 single dose
vaksin covid-19 beserta alat penunjang lainnya seperti APD (alat pelindung diri). @yat

Baca Juga :  Epidemiolog UI: Wajib Tes PCR bagi Penumpang Pesawat Sudah Tepat

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Anggota DPRD Kab. Bandung Tinjau Lokasi Banjir Rancaekek Sekaligus Berikan Bantuan

Sab Jan 30 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Yayat Sudayat, anggota DPRD Kabupaten Bandung yang juga Wakil Ketua Komisi B dari Fraksi Demokrat meninjau lokasi banjir di kawasan Rancaekek sekaligus memberikan bantuan sebagai wujud kepedulian terhadap sesama dan rasa kemanusiaan untuk meringankan beban warga yang terdampak bencana banjir. “Saya melihat secara kemanusiaan, saya membantu warga […]