Verifikasi Foto dan Video pada Pelatihan Cek Pakta Pilkada AMSI

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Hari kedua Pelatihan Cek Fakta Pilkada yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) secata daring, Rabu (28/10/2020), membahas verifikasi foto dan video.

Dalam kegiatan yang diikuti 30 peserta dari berbagai media anggota AMSI ini, menurut Rahim Asyik, Ketua AMSI Jawa Barat, untuk menjadikan media siap melawan hoak terutama saat berlangsungnya Pilkada Serentak 2020.

“Dari delapan kabupaten dan kota yang menyelenggarakan Pilkada di Jawa Barat, kita akan melakukan cek fakta di empat daerah hakni Kabupaten Bandung, Karawang, Sukabumi dan
Indramayu,” ujarnya.

Cek fakta, katanya, terutama akan dilakukan pada saat debat dan pada saat pelaksanaan pemilihan.

“Pada debat pertama biasanya digunakan untuk latihan cek fakta. Cek fakta sesungguhnya akan dilakukan pada saat debat kedua dan ketiga. Kita juga akan melakukan cek fakta pada saat pelaksanaanuntuk pilkadanya 9 Desember nanti,” ungkapnya.

Menurut Muhammad Junaedi yang menjadi pembicara pada pelatihan tersebut, pemahaman dan kemampuan untuk memverifikasi foto dan video perlu dimiliki terutama saat Pilkada.

“Pada Pilkada biasanya sering terjadi adanya foto atau video hoaks. Dengan tool yanh kita berikan, media nanti bisa memastikan apakah gambar atau video tersebut asli atau hoaks,” ujarnya.

Sejumlah tool dikenalkan Adi, sapaan akrabnya, mulai dari Google Reverse Image Search, Bing.com, Yandex.com, Tineye.com, Baidu.com, invid dan tool-tool lainnya. Selain mengenalkan tool-tool untuk memverifikasi foto-foto dan video tersebut Adi juga memperkenalkan cara penggunanaan tool-tool tersebut.

“Untuk foto yang ada kaitan dengan sejarah, disamping menggunakan tool kita jug bisa meminta tanggapan dari ahli sejarah,” ujarnya. @mpa

Baca Juga :  DPRD Ciamis Gelar Rapat Paripurna Perubahan RPJMD Tahun 2019-2024

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Yayat Sumirat: Bu Yena Selain Keturunan Pengusaha juga Keturunan Ulama

Rab Okt 28 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Calon Bupati Bandung Yena Iskandar Ma’soem, Rabu (28/10/2020), melakukan sosialisasi di Graha Wirakarya, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung. Hadir dalam kegiatan tersebut anggota DPR RI Yadi Srimulyadi, Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Bandung Harjoko Sangganegara, Ketua PAC Ciparay yang juga anggota DPRD Kab. Bandung Yayat Sumirat dan tokoh […]
Cabup Bandung Yena Iskandar Ma'soem sosialisasi di Graha Wirakarya Ciparay, Kab. Bandung, Rabu (28/10/2020). /visi.news/mp alam