Viral, Jemaah Indonesia Berangkat Haji 2020

Editor Ilustrasi./kemenag.go.id.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Viral di media sosial, informasi bahwa ada rombongan jemaah haji Indonesia asal Padang, Sumatra Barat, berangkat ke bandara untuk selanjutnya menuju Tanah Suci menunaikan ibadah haji. 

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatra Barat H. Hendri memastikan bahwa informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

“Ini tidak benar. Melihat dari foto yang beredar di media sosial, sudah jelas itu hoaks. Sebab, itu foto tahun 2018 oleh Robbyrotanayulian. Coba amati foto itu baik-baik,” tutur Hendri di Padang, Sabtu (11/7), seperti dilansir kemenag.go.id.

Dari hasil penelusuran, foto itu pernah diunggah oleh akun istagram Robbyrotanayulian pada 19 Agustus 2018. Unggahan itu disertai keterangan “Kita nikmati kebersamaan yg indah ini walau entah sampai kapan kita slalu bersama”. Foto tersebut juga disertai watermark tahun 2018 dan pada bus tertera spanduk bertuliskan Rombongan Jamaah Haji Kabupaten Sijunjung.

“Jadi itu bukan foto jemaah tahun ini. Sebab, tahun 2020, Indonesia tidak memberangkatkan jemaah haji,” tegas Hendri.

Kemenag telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H/2020 M. Kanwil Kemenag Sumbar juga sudah menyosialisasikan kebijakan ini ke 19 Kankemenag Kabupaten/Kota sejak Juni 2020.

Karenanya, Hendri menegaskan bahwa tidak benar ada pemberangkatan jamaah haji asal Padang Sumatra Barat pada Tahun 2020. Informasi yang beredar di media sosial itu berita bohong belaka atau hoaks.

“Saya mengimbau masyarakat Sumatra Barat agar berhati-hati dan harus teliti mencermati setiap informasi yang diperoleh atau yang beredar  di medsos. Pastikan kebenarannya sebelum di-share kepada orang lain agar terhindar dari hoaks yang akan meresahkan masyarakat,” pesan Hendri

Baca Juga :  TELAAH: Tafsir Surat Al-Anbiya Ayat 107: Iklim Pluralitas dan Misi Nabi Muhammad Saw (1)

“Saring sebelum sharing agar kita semua terhindar dari menyebarkan berita tidak benar,” tandasnya. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

13 Juli Madrasah Mulai Belajar, Daring atau Tatap Muka Ikuti Kebijakan Pemda

Sen Jul 13 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Tahun ajaran 2020/2021, akan dimulai pada 13 Juli 2020. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar mengatakan pembelajaran di madrasah dilakukan sesuai kondisi zona daerahnya. Bila berada di Zona Hijau, sudah memenuhi persyaratan sesuai SK Bersama 4 Menteri, serta disetujui Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 […]