Viral Nyanyi Indonesia Raya Sebelum Salat Tarawih, MUI: Melecehkan Agama dan Negara

Editor Viral nyanyi Indonesia Raya sebelum saat tarawih./via muisulsel.com/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Beberapa waktu ini beredar sebuah video berdurasi 2 menit 7 detik viral di media sosial. Video ini dibagikan berkali-kali di aplikasi percakapan WhatsApp dan medsos lainnya.

Dalam video tersebut seejumlah jemaah masjid berdiri menyanyikan lagu Indonesia Raya. Seorang pria mengenakan baju koko dan kopiah putih memimpin jemaah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Terdengar jemaah tampak kompak bernyanyi di dalam masjid dua lantai tersebut.

Usai menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya jemaah berdiri dan melanjutkan salat tarawih bersama.

Perekam video juga memperlihatkan beberapa sudut ruangan masjid. Salah satunya mimbar yang berada di samping ruang imam salat.

Menanggapi hal ini Sekertaris Umum MUI Sulsel DR KH Muammar Bakry Lc MA menyebut agama maupun negara masing-masing memiliki nilai kesakralan tersendiri, jadi masing-masing harus ditempatkan pada proporsinya.

Dekan Fakultas Syariah UIN Alauddin Makassar ini menjelaskan, syiar agama yang ditolerir dilaksanakan adalah yang tidak bertentangan dengan syariah dan akal sehat mainstream umat Islam. Syiar seperti ceramah agama sebelum tarawih, zikir, wirid, dan sejenisnya.

“Sebaiknya kegiatan seperti ini tidak perlu dilakukan agar tidak terkesan melecehkan agama maupun bangsa,” imbuhnya, melansir mui.or.id dari laman muisulsel.com.

Meski demikian dirinya menghimbau umat Islam agar menyikapi masalah ini dengan bijak karena boleh jadi ada oknum tertentu yang sengaja memanfaatkan situasi ini untuk menjatuhkan golongan tertentu. @fen

Baca Juga :  Lima Amalan Penting Sepuluh Hari Terakhir Ramadan

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Sulap Daun Kelor Jadi Permen Jelly, Tim Riset MTsN 1 Pati Raih Medali Internasional

Sab Apr 16 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | PATI – Tim Riset Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Pati kembali mengukir prestasi. Mereka meraih medali perunggu Global Competition for Life Sciences (GloCoLiS) 2022 yang diselenggarakan Indonesian Young Scientist Association (IYSA). Kompetisi riset internasional ini digelar secara daring pada Minggu, 10 April 2022. Ajang ini diikuti 244 […]