VISI | Debat Pertama Capres 2024: Siapa yang Unggul?

Silahkan bagikan

Oleh Aep S Abdullah

DEBAT pertama capres untuk pemilu 2024 telah berlangsung pada 12 Desember 2023 di Gedung KPU, Jakarta. Debat ini mengangkat tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. Tiga pasangan capres-cawapres yang bertarung adalah Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2) dan Ganjar Pranowo – Mahfud MD (nomor urut 3).

Debat ini menjadi momentum bagi publik untuk menilai para kandidat yang akan memimpin Indonesia dalam lima tahun mendatang. Dari sini, para kandidat yang bakal menempati kursi orang nomor satu dan dua Indonesia akan diuji gagasan serta visi dan misinya. Lalu, siapa yang unggul dalam debat ini? Berikut adalah analisis saya berdasarkan beberapa aspek.

Penampilan

Dari segi penampilan, saya menilai bahwa pasangan nomor urut 1, Anies – Cak Imin tampil lebih rapi dan profesional. Anies mengenakan setelan jas berwarna hitam dengan lengkap dengan dasi dan peci. Mereka juga tampak lebih kompak dan harmonis dalam berinteraksi satu sama lain. Pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran, juga tampil cukup baik dengan kemeja warna telur asin. Namun, tampilan Prabowo di tengah acara terlihat kurang nyaman, bahkan ia sempat mengusap rambut dan wajahnya sehingga tidak serapih saat awal tampil. Pasangan nomor urut 3, Ganjar-Mahfud tampil paling santai dengan mengenakan kemeja putih tanpa dasi. Bahkan Ganjar terlihat pakai sepatu cats. Ganjar terlihat lebih santun dan bersahabat, tetapi kurang formal dan serius.

Argumentasi

Dari segi argumentasi, saya menilai bahwa pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan memiliki argumentasi yang paling kuat dan konsisten. Mereka mampu menjelaskan secara rinci dan logis tentang program-program yang mereka tawarkan, seperti reformasi birokrasi, penguatan hukum, perlindungan HAM, pemberantasan korupsi, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, serta pemberdayaan masyarakat, dengan tanpa beban. Anies juga mampu memberikan data dan fakta yang mendukung argumen mereka, serta menunjukkan sikap kritis dan solutif terhadap berbagai permasalahan yang ada.

Baca Juga :  Tidak Ada Covid-19, Presidensi Masjid Suci Puji Jemaah Umrah

Pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran, memiliki argumentasi yang cukup baik, tetapi kadang kehabisan argumentasi dan kurang meyakinkan. Mereka cenderung mengkritik “menjual” hasil kerja pemerintahan sekarang, tetapi kurang memberikan solusi yang konkret dan realistis. Prabowo juga sering mengulang-ulang poin-poin yang sama, seperti menekankan pentingnya kedaulatan, kemandirian, dan keadilan. Mereka juga kurang memberikan data dan fakta yang valid dan terbaru, serta terkadang menyimpang dari tema yang dibahas.

Pasangan nomor urut 3, Ganjar-Mahfud, memiliki argumentasi yang paling lemah dan tidak relevan. Mereka cenderung berbicara secara umum dan abstrak, tanpa memberikan program-program yang jelas dan terukur. Ganjar juga sering menyampaikan hal-hal yang tidak sesuai dengan fakta dan realita, seperti mengklaim bahwa dia telah berhasil menyelesaikan berbagai masalah di daerah yang dipimpinnya, padahal masih banyak persoalan yang belum terselesaikan. Ganjar juga kurang menunjukkan sikap kritis dan solutif. Ganjar pada debat kali ini dalam caranya berargumentasi terkesan terlalu santai.

Bahasa Tubuh

Dari segi bahasa tubuh, saya menilai bahwa pasangan nomor urut 1, Anies-Cak Imin, memiliki bahasa tubuh yang paling positif dan ekspresif. Anies tampak percaya diri, tenang, dan santai dalam menyampaikan pendapat mereka. Dia juga sering tersenyum, menatap mata lawan bicara, dan memberikan gestur-gestur yang menunjukkan antusiasme dan kepedulian. Namun sayangnya Anies belum banyak melibatkan kiprah Cak Imin, beda dengan Ganjar yang sekali-kali menyebut Mahfud MD atau Prabowo yang sekali-kali memuji Gibran. Anies terkesan “masih” bermain sendiri.

Pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran, memiliki bahasa tubuh yang cukup baik, tetapi gaya berkelakar yang diharapkan muncul tidak nampak. Padahal panggung debat capres seharusnya sudah tidak asing lagi bagi Prabowo yang sudah tiga kali nyapres. Tapi, ia masih kadang terpancing emosinya, terutama oleh Anies.

Baca Juga :  Evaluasi Akibat Covid-19 Mingguan Naik 29,2 Persen, Jateng Tertinggi kasus kematian

Pranowo tampak agak tegang, gugup, dan defensif dalam menyampaikan pendapatnya. Dia juga sering mengernyit, menunduk, dan memberikan gestur-gestur yang menunjukkan ketidakpuasan dan ketidaksabaran. Prabowo dalam berdebat kadang juga tampak kesal terutama kepada Anies.

Pasangan nomor urut 3 Ganjar – Mahfud. Ganjar memiliki bahasa tubuh sedang mencoba beradaptasi, tapi cukup percaya diri. Sampai dirinya merasa ada yang salah ketika menyampaikan pertanyaan kepada Prabowo pada sesi yang seharusnya memberikan tanggapan saja, sehingga membuatnya bertanya, “Apakah saya harus mengulang?, ” tanyanya dua kali karena dua moderator, Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel dari TVRI tidak langsung menjawab pertanyaan Ganjar.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil yang saya lihat bisa disimpulkan bahwa debat pertama ini bagus dan semua kandidat unggul. Hanya akan lebih baik kalau moderator bisa membuat joke-joke yang bisa menurunkan tensi ketegangan antar kandidat. Karena, Pemilu 2024 ini kita harapkan penuh dengan kegembiraan bukan ketegangan. Event debat ini, akan lebih menarik kalau tetap dikemas menjadi ruang adu argumentasi tapi tetap dalam suasana hepi.***

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemilu 2024 Damai dan Kondusif, Dewan PKS : Insya Allah Pasangan AMIN Menang Satu Putaran

Rab Des 13 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SOREANG – Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) H. Wawan Ruswandi berharap bahwa pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pasangan Nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bersama koalisi (Nasdem,PKB,PKS) memenangkan dengan 1 putaran. “Insya Allah menang dalam 1 putaran kita akan berjuang bersama-sama memenangkan pasangan AMIN,” katanya, baru-baru ini. […]