VISI | Platform Merdeka Mengajar

Silahkan bagikan

Oleh Mustofa, S.H.

KEMENTERIAN Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) mengembangkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang merupakan platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk pendidik dalam mewujudkan Pelajar Pancasila yang memiliki fitur Belajar, Mengajar, dan Berkarya.

Kemendikbudristek menciptakan PMM ini untuk mempermudah guru mengajar sesuai kemampuan murid, menyediakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi, serta berkarya untuk menginspirasi rekan sejawatnya. Apalagi sekarang ini implementasi Kurikulum Merdeka yang betul-betul berorientasi kepada murid. Platform Merdeka Mengajar akan memudahkan guru untuk melaksanakan aktivitas mengajar.

PMM adalah platform teknologi yang disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya.

PMM dapat membantu mengurai benang kusut di benak kita mengenai banyak hal baik dalam kajian Yuridis, historis, filosofis dan maupun sosiologis.

PMM mengajar sangat baik karena dipersiapkan dengan matang dengan berbagai perangkat yaitu yuridis, historis, filosofis dan sosiologis.
PMM mengajar sangat baik karena dipersiapkan dengan matang dengan berbagai perangkat yaitu yuridis, historis, filosofis dan sosiologis.

1. Yuridis dengan berbagai perangkat aturan perundang-undangan.
a. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan berfungsi sebagai dasar hukum utama untuk sistem pendidikan di Indonesia.
b. Undang-undang dasar 1945,Pasal 31 ayat (1) yang menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan Pendidikan.

Dengan program merdeka belajar pemerintah memberikan ruang Pendidikan yang egaliter pada semua masyarakat Indonesia.

2.Konsep merdeka belajar secara historis
kesejarahan merdeka belajar sudah menjadi pemikiran founding father pendidikan kita yaitu Ki Hajar Dewantara menjadi sebuah acuan dalam menelurkan tentang makna merdeka belajar.

Menurut Ki Hajar Dewantara yaitu mendidik dan mengajar adalah proses memanusiakan manusia,sehingga harus memerdekakan manusia dan segala aspek kehidupan baik secara fisik,mental,jasmani dan rohani.

Baca Juga :  Indung Bandung Diyakini Unggul Mendunia

3. Konsep merdeka belajar secara filosofi mengacu pada bapak pendidikan kita Ki Hajar Dewantara yang sering kita dengar sebagai nilai filosofi pendidikan yaitu Ing Ngarso Sung Tulodo memaknai bahwa seorang guru harus menjadi teladan bagi muridnya.
Ing Madya Mangun Karsa memaknai menekankan peran guru memberikan semangat agar murid terus maju.
Tut Wuri Handayani memaknai mengajarkan guru memberikan semangat kepada murid dalam menentukan pilihan.

4. Merdeka belajar tinjauan sosiologis. Merdeka belajar dalam tinjauan sosiologis ada kaitannya dengan masyarakat dan bagaimana dampak social,interaksi social dan perubahan sosial.

Dalam sosiologis guru bisa berinteraksi dengan siswa, orang tua hubungan yang baik dan harmonis sehingga menjadi keselarasan saling berhubungan satu sama lain sehingga tercipta dalam proses belajar mengajar karena ada dukungan antara guru,siswa,orang tua.

Beberapa manfaat Platform Merdeka Belajar:

1. Menambah Inspirasi Mengajar. Manfaat dari Platform merdeka belajar adalah menambah inspirasi dalam mengajar.

2. Kompetensi Guru Meningkat.
Sama dengan muridnya guru juga wajib untuk selalu belajar. Dengan terus belajar guru bisa meningkatkan kompetensi sehingga guru memberikan pelajaran yang cukup mengesankan pada siswanya.

3. Kaya Ide Saat Berada di Kelas. Pembelajaran di kelas seharusnya variatif guna memberikan suasana yang beda di dalam kelas sehingga siswa tertarik dan kerasan ketika guru memberikan pelajaran.

4. Menjadikan Kelas jadi Terasa Makin Menyenangkan. Manfaat dari Platform Merdeka Mengajar kelas menjadi terasa menyenangkan dan siswa betah didalam kelas .

5.Menyimpan Dokumen Secara Daring.

Dengan Platform Merdeka Mengajar para guru nantinya bisa memperoleh video pelatihan dengan mudah secara mandiri.

6. Kemudahan Dalam Mengajar. Manfaat dari adanya Platform Merdeka Mengajar tidak berhenti disitu saja .
Platform Merdeka Mengajar bisa dimanfaatkan sebagai bahan ajar.

Baca Juga :  Ada Makam Eril, Kunjungan ke Desa Malasari Meningkat tapi Jalannya Rusak

7. Muncul Konsep Profil Pelajar Pancasila. Salah satu membedakan RPP Kurikulum Merdeka Belajar dengan kurikulum sebelumnya adalah munculnya konsep atau prinsip profil Pelajar Pancasila.
(7 Manfaat Keberadaan PMM Merdeka belajar. Fajar Tri gurubinar.id)

Apa yang menjadikan ide diatas tentang Platform Merdeka Mengajar adalah diharapkan dalam proses belajar siswa maupun guru mendapatkan proses belajar yang di harapkan agar kelas jadi menyenangkan. Sehingga Platform Merdeka Mengajar juga bisa dijalankan lewat teknologi dengan menggunakan Android serta perangkat teknologi lainnya.

Dengan dukungan pemerintah yaitu Kemdikbudristek dengan berbagai upaya pelatihan tentang Platform Merdeka Mengajar dengan pendekatan teknologi menuju digitalisasi pembelajaran sehingga bisa diharapkan semua terakses teknologi yaitu peningkatan layanan internet semua sekolah di Indonesia sehingga kesuksesan menyongsong kurikulum nasional sebagai upaya pemerintah dalam hal ini Kemdikbudristek sebagai soslusi kongkret bagi perbaikan Pendidikan.

  • Penulis, Guru SD Negeri 02 Panjunan Kec. Petarukan, Kab. Pemalang

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Daftar Bacalon Wabup ke PKB, Deden R Rumaji Ingin Lanjutkan Pembangunan di Kab. Bandung

Jum Mei 10 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BALEENDAH – Deden Rukman Rumaji jadi orang pertama dari non partai politik yang mengambil formulir pendaftaran bakal calon (Bacalon) Wakil Bupati (Wabup) Bandung untuk mendampingi bakal calon Bupati Bandung HM Dadang Supriatna ke DPC PKB Kabupaten Bandung di Baleendah, Jumat (10/4/2024). Kehadiran Deden Rukman Rumaji yang merupakan […]