VISI | Quick Count, Exit Poll dan Real Count, Apa Bedanya?

Silahkan bagikan

Oleh Deden Suwandi

PEMILIHAN Umum (Pemilu) 2024 telah berlangsung pada Rabu (14/2/2024) di seluruh Indonesia. Setelah proses pencoblosan selesai, masyarakat tentu ingin mengetahui hasil perolehan suara peserta Pemilu. Namun, ada beberapa metode penghitungan suara yang sering digunakan, yaitu quick count, exit poll, dan real count. Apa sih bedanya?

1. Quick Count

Hasil quick count pemilu dapat diketahui dengan cepat pada hari yang sama ketika pemilu diadakan. Bahkan jauh lebih cepat dibandingkan hasil resmi yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Jika ditilik dari pengertiannya, quick count adalah proses pengambilan data dengan menghitung persentase hasil Pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan sampel. Lembaga survei hanya mengambil sampel di beberapa TPS untuk mewakili semua TPS.

Quick count sekaligus memberikan gambaran dan akurasi yang lebih tinggi, karena hitung cepat menghitung hasil pemilu langsung dari TPS target, bukan berdasarkan persepsi atau pengakuan responden.

Hitung cepat biasanya menerapkan teknik sampling probabilitas sehingga hasilnya jauh lebih akurat dan dapat mencerminkan populasi secara tepat.

Ada sejumlah aturan yang ditetapkan oleh Komisi Pemilhan Umum terkait hitung cepat ini. Salah satunya, quick count boleh dilakukan dua jam setelah pemungutan suara di Indonesia timur selesai. Ketentuan tersebut tertuang dalam Pasal 449 ayat 5 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

2. Exit Poll

Exit poll dianggap mewakili hasil akhir dari pikiran para pemilih setelah keluar dari TPS dan memiliki selisih (margin of error) yang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan jajak pendapat.

Exit poll dengan quick count memiliki perbedaan. Exit poll menanyakan langsung pemilih terhadap siapa calon yang ia pilih pada TPS tertentu, sedangkan quick count mencatat hasil akhir dari TPS baik yang terpilih maupun tidak dan merupakan gambaran dari hasil pemilihan umum setempat.

Baca Juga :  LALIGA SPANYOL | Hasil, Klasemen, dan Jadwal, Barcelona Jauhi Madrid

Hasil exit poll sendiri selalu keluar sebelum hasil resmi keluar.

3. Real Count

Real count berbeda dengan quick count dan exit poll. Jika quick count mengambil sampel secara statistik, sedangkan real count mengumpulkan data dari seluruh pemilih atau TPS.

Hasil dari real count hasilnya tidak secepat quick count dan exit poll, biasanya memerlukan waktu sampai berhari-hari. Data yang dihitung adalah angka resmi dari tiap TPS, bukan berdasarkan sampel. Caaag !

  • Penulis, pemerhati masalah sosial dan politik.

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hasil Perhitungan Sementara Prabowo-Gibran Unggul 53,03%

Rab Feb 14 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, unggul sementara dalam perhitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Berdasarkan data dari situs kawalpemilu.org pada Rabu (14/2/2024) pukul 14.03 WIB, Prabowo-Gibran memperoleh 53,03% suara, mengungguli dua pasangan lainnya. Pasangan nomor […]